Ternyata Mandi Air Hangat Bisa Mengurangi Stres

Ini kata dokter soal manfaat mandi air hangat. (Foto: Ilustrasi/Freepik.com) Ini kata dokter soal manfaat mandi air hangat. (Foto: Ilustrasi/Freepik.com)

Apakareba: Kehidupan masyarakat telah banyak berubah karena terdampak pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi. Dampaknya ini sangat luas, mulai dari sisi politik, ekonomi, sosial, budaya, sampai kesejahteraan masyarakat. Penyebaran Covid-19 yang masih belum selesai sampai saat ini membuat masyarakat dituntut untuk dapat beradaptasi terhadap kondisi baru yang terjadi.

Berbagai tuntutan untuk beradaptasi dan kondisi waspada serta kecemasan yang terus menerus dialami oleh masyarakat tidak jarang menimbulkan stress. Dalam menghadapi kondisi tersebut, masyarakat harus berusaha menemukan solusi untuk mengelola stress yang dialaminya.

Berbagai aturan dan kebijakan sudah banyak ditetapkan sebagai imbauan untuk dapat menerima, beradaptasi, dan bertahan di tengah pandemi. Juga, upaya agar masyarakat tetap dapat produktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ada banyak hal-hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam mengelola stress untuk menjaga keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental. Salah satunya adalah dengan mandi air hangat.

Dilansir dari Gaya.id pada Sabtu, 20 Agustus 2022. Dr. M Berian Rachmanadi mengatakan bahwa mandi dengan air hangat mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah memperlancar peredaran darah. 

“Saat kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh akan melepaskan hormon endorphin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia. Inilah mengapa Anda akan merasa lebih rileks setelah mandi air hangat, sehingga mandi air hangat merupakan salah satu solusi dalam mengurangi stress,” jelas dr. M Berian Rachmanadi.

 

BACA: Balik ke Masa Kecil Lewat Aroma Alam



(SUR)

Berita Lainnya