BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat Melanda Sebagian Wilayah Hari Ini

Awan mendung terlihat dari kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 28 Januari 2022. Foto: Antara/Aprillio Akbar/wsj. Awan mendung terlihat dari kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 28 Januari 2022. Foto: Antara/Aprillio Akbar/wsj.

Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada Minggu, 20 Februari 2022. Potensi hujan ini tersebar dari Indonesia barat hingga timur.

Dalam informasi yang dikutip dari Antara, data BMKG menunjukkan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Lampung. Kondisi serupa juga berpeluang terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Baca: Cegah Penyebaran, Pemerintah Siapkan Fasilitas Isolasi Terpusat di Setiap Provinsi

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, serta Papua Barat.

Menurut pengamatan BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Halmahera dan sebelah selatan Laut Arafuru yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Laut Banda bagian utara hingga Laut Arafuru bagian timur.

Tak hanya itu, daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Aceh hingga perairan Kepulauan Nias, pesisir timur Lampung hingga perairan barat Lampung, di Sulawesi Tengah, di Maluku dan dari Papua Barat hingga Papua bagian Tengah.

Baca: Mendag Pastikan Suplai Minyak Goreng Kemasan Tiba di Pelabuhan Makassar Siang

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.



(UWA)

Berita Lainnya