Miliki Segudang Manfaat, Yuk Mulai Konsumsi Minyak Ikan!

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Apakareba: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan seseorang untuk mengonsumsi 1-2 porsi ikan per minggu. Hal ini dikarenakan ikan mengandung berbagai kandungan yang baik untuk tubuh. Seperti asam lemak omega-3 DHA dan EPA, protein yang tinggi, vitamin D, hingga kalsium. 

Perlu diketahui, beberapa ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang lebih banyak ketimbang ikan lainnya. Ikan yang dimaksud meliputi ikan salmon, mackerel, herring, trout, hingga sarden. 

Tetapi, tahukah kamu bahwa ikan-ikan yang disebutkan tadi sering dijadikan sumplemen minyak ikan yang dapat membantu kalian memenuhi kebutuhan omega-3 dalam tubuh? Tentunya, suplemen ini merupakan solusi terbaik bagi kalian yang jarang mengonsumsi ikan sesuai jumlah yang dianjurkan.

Kandungan omega-3, vitamin A, vitamin D, hingga lemak lainnya yang terdapat dalam suplemen minyak ikan, pastinya akan berdampak baik bagi tubuh jika rutin dikonsumsi.  Mau tahu apa saja manfaatnya? Dilansir dari Healthline, berikut segudang manfaat yang kalian dapatkan bila mengonsumi minyak ikan.

1. Mengurangi peradangan

Peradangan terjadi ketika sistem imun sedang melawan infeksi dan mengobati cedera yang dialami oleh seseorang. Namun, peradangan kronis dikaitkan dengan penyakit serius, seperti diabetes, obesitas, depresi, hingga penyakit jantung.

Baca juga: Alami Sakit Tenggorokan? Coba Atasi dengan 6 Pengobatan Rumahan Ini

Agar gejala penyakit tersebut tidak semakin parah, maka peradangan perlu dikurangi. Salah satunya caranya, yakni dengan mengonsumsi minyak ikan yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Orang yang mengalami stres dan obesitas, dapat mengonsumsi minyak ikan untuk mengurangi produksi gen molekul inflamasi yang disebut sitokin. Tak hanya itu, sumplemen minyak ikan juga dapat mengurangi secara signifikan nyeri sendi dan kekakuan.

2. Bantu menurunkan berat badan

Siapa sangka, ternyata suplemen minyak ikan dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bila mengonsumsi minyak ikan dibarengi dengan diet atau olahraga, maka dapat membantu kalian menurunkan berat badan. 

Tetapi, tidak semua penelitian berkata demikian. Terdapat satu analisis dari 21 studi yang mencatat bahwa suplemen minyak ikan tidak secara signifikan mengurangi berat badan pada orang gemuk. Melainkan mengurangi lingkar pinggang dan rasio pinggang-pinggul.

3. Mendukung kesehatan jantung

Tahukah kamu penyebab utama kematian di seluruh dunia, yakni penyakit jantung? Untuk itu, beberapa upaya perlu dilakukan agar kita terhindar dari penyakit tersebut. Salah satunya dengan menjaga kesehatan jantung.

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak ikan memiliki tingkat penyakit jantung yang jauh lebih rendah. Berbagai faktor risiko penyakit jantung juga sepertinya dapat dikurangi dengan mengonsumi ikan atau supelemen minyak ikan. 

Minyak ikan dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Kandungan trigliserida dalam tubuh juga dapat dikurangi sebesar 15-30% dengan mengonsumsi minyak ikan. Terlepas dari itu semua, tidak ada bukti jelas bahwa suplemen minyak ikan dapat mencegah serangan jantung atau stroke.

4. Membantu mengobati gangguan mental tertentu

Otak terdiri atas hampir 60% lemak dan sebagian besar lemak itu merupakan asam lemak omega-3. Dengan begitu, sangat penting bagi kita untuk mencukupi kebutuhan omega-3 agar fungsi otak menjadi baik.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gangguan mental tertentu memiliki kadar omega-3 darah yang lebih rendah. Menariknya, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat mencegah timbulnya gejala beberapa ganggaun mental.

Misalnya, minyak ikan dipercaya dapat mengurangi kemungkinan gangguan psikotik. Tak hanya itu, suplemen tersebut bila dikonsumsi dalam dosis tinggi juga dapat mengurangi gejala skizofrenia dan gangguan bipolar.

5. Baik dikonsumsi untuk ibu hamil

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung omega-3. Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan omega-3 berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan awal. Atas dasar tersebut, sangat direkomendasikan bagi ibu hamil untuk mendapatkan cukup omega-3 selama kehamilan dan sata menyusui.

Tidak diketahui secara pasti apakah minyak ikan dapat meningkatkan IQ atau tidak. Tetapi suplemen minyak ikan disebut dapat meningkatkan koordinasi tangan-mata pada bayi. Selain itu, mengonsumsi sumplemen minyak ikan juga dapat meningkatkan perkembangan visual bayi dan membantu mengurangi risiko alergi.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Dengan bertambahnya usia, kekuatan tulang akan semakin berkurang akibat hilangnya mineral penting. Alhasil, tulang lebih mudah patah dan menyebabkan kondisi, seperti osteoporosis dan osteoartritis.

Selain vitamin D, ternyata asam lemak omega-3 juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tulang lho. Orang yang rutin mengonsumsi omega-3 kemungkinan memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih baik. 

Tetapi, tidak jelas apakah suplemen minyak ikan benar-benar dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Sejumlah penelitian kecil menunjukkan bahwa sumplemen tersebut bisa mengurangi risiko penyakit tulang.

Baca juga: Khawatir Jantung Berhenti Saat Olahraga? Kenali Penyebab dan Pencegahannya di Sini

7. Mengurangi lemak hati

Hati berfungsi untuk memproses sebagian besar lemak dalam tubuh seseorang dan dapat berperan dalam penambahan berat badan. Di samping itu, penyakit hati semakin umum terjadi, terutama penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD) atau menumpuknya lemak pada hati. 

Berdasarkan informasi yang didapat, suplemen minyak ikan bisa meningkatkan fungsi hati dan peradangan. Hal itu dapat membantu mengurangi gejala NAFLD dan jumlah lemak di hati kalian.



(SYI)

Berita Lainnya