Salah Pilih Jalur, Dua Gadis Ini Malah Nyasar ke Gunung Bawakaraeng

Orang dengan asma masih bisa melakukan kegiatan naik gunung. Beberapa kiatnya bisa Anda sontek. (Foto: Pexels.com) Orang dengan asma masih bisa melakukan kegiatan naik gunung. Beberapa kiatnya bisa Anda sontek. (Foto: Pexels.com)

Apakareba: Ketika berlibur, tentunya kita ingin melepas penat dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Tetapi, rencana liburan memang tidak selalu sesuai dengan ekspektasi. Hal ini dialami oleh dua pendaki perempuan di Kabupaten Gowa. 

Hendak berlibur ke Lembah Ramma, dua pendaki perempuan, Rifqa dan Andi Marage, malah nyasar ke Gunung Bawakaraeng. 

Survivor salah pilih jalur, sebenarnya (mereka) hendak ke Lembah Ramma. Tetapi, rute yang dipilih ke jalur menuju Gunung Bawakaraeng,” kata Komandan Search and Recue (SAR) Unhas, Suci Sulfiani, Selasa, 5 Januari 2021, seperti dilansir dari Makassar.tribunnews.com.

Keduanya harus dievakuasi oleh tim SAR Universitas Hasanuddin (Unhas) karena kakinya terluka dan mengalami gejala hipotermia. Evakuasi dilakukan di Pos 4-5 Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. 

Sesampainya di lokasi, tim SAR Unhas langsung melakukan pertolongan pertama. Selain itu, mereka juga menganalisis kondisi korban untuk meninjau metode evakuasi survivor yang mengalami gejala hipotermia dan cedera pada bagian calcaneus (tulang tumit) serta telapak kaki.

“Kita terapkan metode papah 2:1 dan body to body antara recuer dan korban sambal mengevaluasi kondisi korban agar tetap stabil saat penanganan,” paparnya.

Peristiwa ini berawal ketika dua pendaki wanita itu bersama satu temannya, Rahmat, berencana berlibur ke Lembah Ramma. Wisata alam itu berlokasi tepat di bawah kaki Gunung Bawakaraeng. Namun, di tengah perjalanan mereka salah memilih jalur. Ketiganya justru mengarah ke jalur pendakian Gunung Bawakaraeng.

Ada-ada saja ya teman-teman! Bagi kalian yang ingin berwisata ke Lembah Ramma harus ikuti petunjuk jalur dengan lebih teliti ya agar tidak bernasib sama dengan dua pendaki wanita itu..
 



(SYI)

Berita Lainnya