Jokowi: Bendungan Karalloe Mampu Kurangi Banjir hingga 49%

Presiden Jokowi Biro Pers Sekretariat Presiden. Presiden Jokowi Biro Pers Sekretariat Presiden.

Apakareba:  Presiden Joko Widodo menyebut keberadaan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dapat mengurangi banjir. Bahkan, dia mengklaim, banjir khususnya di Kabupaten Jeneponto bisa berkurang signifikan.
 
"Bendungan ini juga akan mengurangi banjir, terutama yang ada di Jeneponto, sebesar 49 persen," kata Presiden, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dilansir Medcom.id, Rabu, 24 November 2021.
 
Dia mengatakan bendungan dengan anggaran Rp1,2 triliun itu akan mengurangi banjir di beberapa daerah di Sulawesi Selatan. Di antaranya Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Gowa.

Tak cuma itu, bendungan juga akan difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air serta akan dimanfaatkan sebagai air baku untuk masyarakat.

Baca juga: Sempat Terputus, Jalan Poros Polewali Mandar-Mamasa Sudah Bisa Dilewati
 
"Ini juga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi para petani," jelasnya.
 
Menurut Jokowi, bendungan yang dibangun sejak 2013 itu akan mengaliri sebanyak 7.000 hektare lahan pertanian di Kabupaten Jeneponto. Dengan begitu akan menambah masa panen dari petani.
 
"Nanti insyaallah bisa dua kali panen padi dan sekali palawija, sehingga bisa meningkatkan pendapatan," ujarnya.
 
Data dari Kementerian PUPR, pengerjaan konstruksi bendungan yang berdiri di lahan 230.59 hektare itu terbagi dalam dua paket. Yakni Paket I menelan anggaran sebesar Rp568 miliar untuk membangun bendungan utama dan bangunan pelimpah.
 
Kemudian untuk relokasi dan rehabilitasi jalan menuju bendungan, serta terowongan pengelak. Dengan kontraktor pelaksana PT. Nindya Karya (Persero). Biaya pengerjaan Paket I itu bersumber dari APBN pada tahun anggaran jamak dari tahun 2013-2019.
 
Paket II merupakan lanjutan paket I yang dianggarkan sebesar Rp657 miliar dari APBN 2018–2020 (multi years). Pekerjaan paket II meliputi timbunan tubuh bendungan, proteksi galian, intake, instrumentasi, hidromekanikal, serta pembangunan instrumen yang bersifat mekanikal, dan elektrik.



(NAI)

Berita Lainnya