Bayam hingga Kacang Hijau, Ini 6 Sayuran Sehat yang Wajib Dikonsumsi

Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com

Jakarta: Sayuran adalah salah satu makanan yang punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Sayuran umumnya mengandung sangat sedikit kalori. Namun, tinggi akan kandungan vitamin, mineral, dan serat. 

Melansir Gaya.id, setiap sayuran memiliki manfaatnya tersendiri untuk kesehatan. Mengonsumsi sayuran tertentu bahkan bisa untuk melawan peradangan hingga mengurangi risiko beragam penyakit. 

Ada enam sayuran tersehat di dunia yang wajib Anda konsumsi, yakni:

1. Bayam

Bayam menempati urutan teratas dalam kategori sayuran tersehat. Tidak aneh, karena dalam 30 gram bayam mentah saja sudah menyediakan 56 persen kebutuhan vitamin A harian. Ditambah seluruh kebutuhan vitamin K harian. 

Bayam juga diketahui dapat mengurangi risiko banyak penyakit kronis. Seperti kanker, jantung, dan menurunkan tekanan darah. 

Baca Juga: Yuk! Hindari 5 Makanan & Minuman Ini Supaya Mudah Tidur

2. Wortel

Wortel mengandung vitamin C, vitamin K, dan kalium yang tinggi. Tak hanya itu, sebanyak 128 gram wortel sudah bisa menyediakan 428 persen vitamin A dari nilai harian yang direkomendasikan.

Sayuran ini mengandung beta-karoten, antioksidan yang memberi wortel warna oranye cerah dan dapat membantu pencegahan kanker. Bahkan, wortel juga dapat mengurangi risiko kanker prostat serta kanker paru-paru pada perokok. 

3. Brokoli

Brokoli sarat nutrisi. Brokoli juga kaya akan senyawa tanaman yang mengandung sulfur yang dikenal sebagai glukosinolat, serta sulforaphane, produk sampingan dari glukosinolat.

Sulforaphane penting karena telah terbukti memiliki efek perlindungan terhadap kanker. 

4. Kubis brussel

Kubis brussel adalah anggota keluarga sayuran cruciferous. Sayuran ini mengandung senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan. Serta, kaempferol, antioksidan yang efektif mencegah kerusakan sel. 

Mengonsumsi kubis brussel juga diketahui dapat membantu meningkatkan detoksifikasi. Setiap porsinya, kubis brussel menyediakan vitamin K, vitamin A, vitamin C, folat, mangan, kalium, dan mineral. 

Baca juga: Ingin Turunkan Berat Badan? Coba 5 Jus Buah dan Sayuran Ini!

5. Kale

Kandungan di dalam kale dapat memenuhi seluruh kebutuhan harian untuk vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin K. Jumlah antioksidan pada kale juga tinggi. Sehingga sayuran ini bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. 

Sebuah studi menunjukkan, minum jus kale dapat menurunkan tekanan dara. Bahkan, mungkin bermanfaat dalam mengurangi kolesterol darah dan gula darah. 

6. Kacang hijau

Kacang hijau sangat bergizi. Dalam 160 gram kacang hijau matang mengandung 9 gram serat, 9 gram protein, vitamin A, C, dan K, riboflavin, thiamin, niacin, serta folat. Sayuran bertepung ini juga kaya akan saponin yang dikenal dengan efek anti kankernya. 

Selain itu, kandungan serat dalam kacang hijau mendukung kesehatan pencernaan dengan meningkatkan bakteri menguntungkan di usus. Sehingga, dapat melancarkan buang air besar secara teratur.



(UWA)

Berita Lainnya