Banjir Bandang Rendam Ratusan Rumah di Sangkarrang

uasana air laut saat air pasang meluap ke jalan dan rumah warga di Pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkarrang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (24/12/2022). ANTARA/HO-warga Kodingareng Fikri. uasana air laut saat air pasang meluap ke jalan dan rumah warga di Pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkarrang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (24/12/2022). ANTARA/HO-warga Kodingareng Fikri.

Banjir bandang melanda Kepulauan Sangkarrang, Kota Makassar, Sulawesi selatan. Ratusan rumah warga terendam air dan rusak akibat musibah itu.

"Ada lebih dari 30 rumah yang rusak akibat air pasang, gelombang tinggi, termasuk beberapa rumah yang kehilangan atapnya akibat angin kencang," kata Wali Kota Pulau Kodingareng Ronny Catur Prabowo dikutip dari Antara, Minggu, 25 Desember 2022.

Ronny menyebutkan ketinggian air pasang yang masuk ke pemukiman penduduk sekitar 100 sentimeter.  Sejauh ini, pemerintah masih berupaya mencatat jumlah rumah yang mengalami kerusakan ringan, sedang, dan berat.

“Kalau ketinggian debit air sekitar 1 meter karena sudah mencapai jalan dan di atas mata kaki atau betis orang dewasa. Saat ini kita punya data rumah yang rusak karena ada bantuan dari dinas terkait,” ujar Catur.

Sebelumnya, BMKG memberi peringatan dini terhadap potensi gelombang laut tingi. Warga diminta menghentikan aktivitas di laut untuk sementara waktu. Termasuk penyeberangan orang.

"Sejak kemarin kami melarang masyarakat untuk menyeberang, termasuk nelayan yang hendak turun ke laut. Dari laporan warga, air pasang perlahan mulai surut di sana," kata dia.

 



(SUR)

Berita Lainnya