Festival Phinisi di Bulukumba Gandeng 100-an UMKM

llustrasi perahu phinisi yang digunakan sebagai sarana transportasi laut antarpulau di Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar. Antara / Suriani Mappong llustrasi perahu phinisi yang digunakan sebagai sarana transportasi laut antarpulau di Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar. Antara / Suriani Mappong

Festival Phinisi di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, menggandeng sedikitnya 100 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan ribuan pecinta olahraga untuk mengikuti Bira Sunset Run 2022. Festival tersebut dilaksanakan selama dua hari di lokasi objek wisata daerah ini.

“Festival Phinisi ini memberi ruang bagi pelaku UMKM untuk berpartisipasi menawarkan aneka produknya kepada pengunjung,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Kabupaten Bulukumba, Haji Andi Daud Kahal, dilansir dari Antaranews,com, Kamis, 15 September 2022.

Ia mengatakan bahwa animo para pelaku UMKM yang terdapat di Kota Bulukumba dan sekitarnya patut diapresiasi. Lantaran awalnya hanya 44 pelaku UMKM yang mendaftar, tetapi menjelang pembukaan festival telah naik lebih dua kali lipat dari jumlah sebelumnya.

Begitu juga dengan peserta Bira Sunset Run 2022 yang diyakini bisa mencapai 1.000 orang sampai jelang pelaksanaan kegiatan, yaitu 15 – 16 September 2022.

Menurutnya, dampak dari pelaksanaan festival itu memberikan multiplier efek pada masyarakat setempat. Khususnya, pelaku UMKM yang mulai bangkit seusai masa pandemi covid-19.

“Belum lagi tempat hunian di Tanjung Bira akan penuh pengunjung. Sedikitnya terdapat 114 hotel atau penginapan dengan 1.400-an kamar,” ujar Kadisparpora Bulukumba tersebut.

Salah seorang pelaku UMKM di Tanjung Bira, Bulukumba, Hasnah mengatakan, menjelang pembukaan Festival Phinisi, objek wisata telah dibenahi. Termasuk membuka peluang bagi UMKM untuk berpartisipasi dalam memeriahkan Festival Phinisi di lapangan.

BACA: Pemerintah Sulsel Buka Layanan Konsultasi Hukum UMKM 13-15 September



(SUR)

Berita Lainnya