Pemkot Makassar Bor 11 Sumur Atasi Kekeringan

Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso saat meresmikan bantuan sumur bor dan pompa air Polda Sulsel di Kelurahan Ketimbang, Kecamatan Biringkanaya, Jumat (15/9/2023). ANTARA/HO/Pemkot Makassar Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso saat meresmikan bantuan sumur bor dan pompa air Polda Sulsel di Kelurahan Ketimbang, Kecamatan Biringkanaya, Jumat (15/9/2023). ANTARA/HO/Pemkot Makassar

Makassar: Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengungkapkan saat ini pemkot sedang melakukan pengeboran air di 11 titik yang tersebar di wilayah timur kota. Tujuan dari pengeboran untuk mengatasi kekeringan dan kekurangan pasokan air bersih.

"Yang pasti masyarakat berterima kasih karena sudah menghadirkan 24 titik sumur bor oleh Polda Sulsel. Kami pun juga sedang mengerjakan 11 titik sumur bor dan itu langsung oleh Dinas Pekerjaan Umum," kata Ramdhan, dikutip dari Antara, Sabtu, 16 September 2023.

Ramdhan memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, dan PDAM untuk mengerahkan tangki air guna mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang mengalami kekeringan. Saat ini sudah ada 50 truk yang dimodifikasi untuk mengangkut dua tangki air sekitar 6 kubik dengan tiga kali perjalanan melayani kecamatan terdampak dan pihaknya akan menambah jumlah angkutan lagi.

"Total 109 armada kita baru pakai 50 unit, karena tidak mau mengganggu aktivitas lainnya. Jadi nanti ada penambahan lagi," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso merasa bersyukur karena tim Polda Sulsel telah melaksanakan program Kapolri untuk pembuatan sumur bor. Hal ini menjadi respons terhadap musim kemarau dan dampak El Nino yang sedang terjadi. Total sumur bor yang telah dibuat mencapai 24 titik oleh 16 Polres di Sulsel. 

"Tentu kami berharap sumber air ini dapat dinikmati dan mengurai permasalahan yang berkaitan dengan kelangkaan air bersih," kata Setyo.



(SUR)

Berita Lainnya