Berikut 3 Manfaat dari Membuat Jurnal untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Menulis catatan harian atau biasa disebut journaling mungkin terdengar sepele. Tapi, nyatanya kegiatan tersebut mempunyai manfaat yang besar buat kehidupanmu.

Journaling sendiri adalah aktivitas menumpahkan ide, emosi, dan kreativitas lainnya dalam bentuk tulisan. Kegiatan ini bisa dilakukan di sebuah buku atau catatan digital yang disimpan di gadgetmu.

Dilansir dari Gaya.id, Jumat, 28 Oktober terdapat tiga manfaat dari journaling untuk kesehatan mental, antara lain:

Membantu memproses dan kendalikan fungsi emosional

Journaling bisa membantu memproses dan mengendalikan fungsi emosional pada saat tak tahu emosi apa yang tengah dirasakan.

Emosi-emosi tersebut bisa ditumpahkan ke dalam bentuk tulisan atau ketikan. Dengan melakukan hal tersebut, akan mudah sadar emosi apa saja yang tengah dirasakan. Seusai mengetahui rasa emosi yang dirasakan, dapat kendalikan selanjutnya.

Mengurangi stres

Stres yang berlebihan bisa merusak kesehatan, baik fisik maupun mental. Menulis jurnal bisa membantu meleburkan rasa stres dan mengetahui bagaimana mengelola dengan cara yang sehat.

Bisa dengan membuat jurnal sebelum tidur untuk lebih santai dan membawa tidur menjadi lebih nyenyak. Atau bisa juga menuliskan hal-hal apa saja yang telah dilakukan atau emosi apa saja yang dirasakan pada hari itu.

Meningkatkan kesadaran diri

Kesadaran diri adalah kemampuan seseorang mengenali dirinya sendiri melalui sikap, pikiran, dan emosi.

Apabila suka melakukan journaling, dapat meningkatkan kesadaran diri. Kegiatan tersebut membuat jadi lebih mengetahui diri sendiri itu seperti apa dan bagaimana mengubah dirimu jadi lebih baik.

Membuat jurnal dapat dimulai dengan menuangkan rasa emosi, ide, maupun keseharian di dalam catatan yang dimiliki. Apabila ditelusuri baik-baik, akan bisa memahami bagaimana diri sendiri yang sebenarnya.

Menulis jurnal ini bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Menulis setiap hari secara teratur.

2. Menyiapkan buku catatan atau gadget sebagai wadah untuk menulis.

3. Tulis atau gambar apa pun yang sedang dipikirkan.

4. Gunakan jurnal sesuai keinginan.



(UWA)

Berita Lainnya