Catat! Ini 7 Manfaat Kesehatan Air Kunyit Bagi Tubuh

Air kunyit dianggap dapat membantu membangun sistem kekebalan yang kuat. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) Air kunyit dianggap dapat membantu membangun sistem kekebalan yang kuat. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Apakareba: Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan untuk kebanyakan orang Asia. Bahkan, kunyit yang memiliki kandungan antioksidan, anti-inflamasi, dan vitamin C sudah lama digunakan oleh pengobatan Ayurveda India Tradisional sebagai obat untuk beberapa penyakit. Seperti gangguan kulit, alergi, dan ketidaknyamanan sendi.

Ahli diet Vidhi Chawla dari Fisico Diet Clinic menuturkan bahwa kunyit dikenal mempunyai manfaat obat dan bisa membantu melawan banyak penyakit. Juga, air kunyit berfungsi sebagai detoks alami untuk membantu tubuh membuang racun dan meremajakan tubuh.

Tidak hanya itu, melansir dari Gaya.id, Minggu, 7 Agustus 2022, dr. Chawla menyebutkan ada tujuh manfaat yang bisa didapatkan tubuh dari mengonsumsi air kunyit, antara lain:

1. Menurunkan berat badan
Suatu studi pada tahun 2015, European Review for Medical and Pharmacological Science menemukan manfaat curcumin, senyawa yang ditemukan dalam kunyit. Orang dewasa dengan berat badan yang berlebih mengonsumsi suplemen 800 mg yang mengandung 95 persen curcumin bersama dengan diet ketat mengalami perubahan Indeks Massa Tubuh (IMT) sampai 2 persen selama 30 hari pertama. 

Kemudian, perubahan IMT meningkat menjadi 5 hingga 6 persen setelah 60 hari. Setara dengan mengurangi lebih dari 8 persen lemak tubuh.

2. Meningkatkan gerakan usus
Kunyit juga dikenal dapat meningkatkan pencernaan dengan meningkatkan produksi empedu di kantong empedu dan enzim pencernaan lainnya. Selain itu, kunyit membantu mengurangi gejala kembung dan meningkatkan metabolisme. Dengan memiliki sistem metabolisme yang yang kuat bisa membantu menurunkan berat badan.

3. Mencegah penyakit jantung
Kunyit bisa membantu dalam mengatur tekanan darah dan pembekuan darah.

“Lebih sering daripada tidak, penyakit jantung disebabkan oleh peningkatan kadar kolesterol. Kunyit dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol dan memperbaiki lapisan pembuluh darah,” kata Chawla.

4. Mencegah penyakit Alzheimer
Sampai saat ini, ilmu kedokteran belum menemukan obat untuk penyakit Alzheimer. Sehingga penting untuk mencegahnya terjadi penyakit tersebut. Kunyit mengandung curcumin, di mana ini dapat membantu dalam peradangan dan kerusakan oksidatif yang merupakan penyebab utama dari penyakit ini.

5. Mengurangi peradangan
Segelas air kunyit hangat di malam hari dapat membantu tubuh melawan peradangan. Chawla menjelaskan bahwa sifat anti-inflamasi kunyit bisa membantu dalam memerangi gejala rheumatoid arthritis dan gangguan inflamasi kronis. 

Air kunyit juga meringankan rasa sakit pada persendian orang tua.

6. Meningkatkan kesehatan kulit
Kunyit dianggap dapat memurnikan darah lantaran membantu menghilangkan racun. Antioksidan yang terdapat di dalamnya membantu sel-sel dari kerusakan, mencerahkan warna kulit, dan memperlambat proses penuaan. Air kunyit dapat membuat kulit lebih bercahaya dan sehat.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh
Terakhir, air kunyit dapat membantu membangun sistem kekebalan yang kuat. Kunyit mempunyai sifat antioksidan, anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang menjadikannya sensasi global guna sistem kekebalan tubuh yang sehat.

 

BACA: Wajib Tahu! Ini 7 Manfaat Tomat untuk Kesehatan



(SUR)

Berita Lainnya