BPBD Evakuasi Ratusan Warga Terjebak Banjir di Makassar

Personil BPBD Kota Makassar mengevakuasi korban dengan perahu karet saat banjir di kawasan Perumnas Antang, Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan, Dabtu (24/12/2022). ANTARA/ HO/ Dokumentasi BPBD Makassar Personil BPBD Kota Makassar mengevakuasi korban dengan perahu karet saat banjir di kawasan Perumnas Antang, Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan, Dabtu (24/12/2022). ANTARA/ HO/ Dokumentasi BPBD Makassar

Sebanyak 239 warga di dua kecamatan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan terjebak banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mulai mengevakuasi para warga.

"Tim sudah turun membantu mengevakuasi warga dengan perahu karet di lokasi banjir di Desa Manggala, Kecamatan Manggala dan Desa Katimbang, Kecamatan Biringkanaya," kata Kepala Pelaksana BPBD Makassar, Achmad Hendra Hakammuddin, dikutip dari Antara, Minggu, 25 Desember 2022.

BPBD mencatat terdapat lima posko pengungsian yang dipenuhi warga. Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah karena kondisi cuaca yang belum normal.

Ketinggian air yang menggenangi ratusan rumah bervariasi antara 20 sentimeter hingga 100 sentimeter. Warga masih membutuhkan bantuan makanan, obat-obatan dan selimut. 

Sejauh ini tim BPBD Makassar terus melakukan pendataan dan bersiaga. Total personel yang dikerahkan di lapangan sebanyak 60 petugas yang terdiri dari tim evakuasi 35 orang, tim penilai 15 orang dan tim medis 10 orang. 

BPBD juga menyiapkan satu unit truk multiguna, tujuh unit perahu karet, dan tiga unit ambulans, satu mobil lapangan dan satu mobil atap terbuka.

Baca juga: 
 

(SUR)

Berita Lainnya