Pemprov Sulsel Salurkan 250 Ribu Benih Udang Windu untuk Pembudi Daya di Makassar

foto: Pemprov Sulsel Salurkan Benih Udang Windu Dok. sulselprov.go.id foto: Pemprov Sulsel Salurkan Benih Udang Windu Dok. sulselprov.go.id

Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel menyalurkan 250 ribu benih udang windu untuk kelompok pembudi daya di Kota Makassar. Langkah ini merupakan bentuk upaya mengembalikan kejayaan udang windu. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel M Ilyas mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu tahapan dalam upaya pengembangan udang windu berbasis diseminasi di 15 kabupaten/kota di Sulsel. 

Selain bibit, bantuan berupa sarana produksi diberikan juga ke kelompok petambak udang windu. “Ada juga pengembangan udang windu berbasis kawasan di Kabupaten Pinrang seluas 1.000 Ha,” ujar Ilyas, dilansir dari laman Sulselprov.go.id, Kamis, 14 Juli 2022. 

Baca juga: Masuk Tahap Lelang, Pemprov Sulsel Segera Perbaiki Jalan Rusak di Antang Raya

Kepala Unit Pelaksana Teknis  Perikanan Budidaya Air Payau/Laut (UPT PBAPL) Bojo Barru pada Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Basri Hamal menyebut bibit telah disebar ke 9 dari 15 kabupaten/kota.

“Untuk di Makassar, sebanyak dua kelompok penerima dengan total 500 ribu benur udang windu," katanya.

Ia berharap, dengan bantuan ini para pembudidaya bisa mengembalikan kejayaan udang windu sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat. Apalagi diketahui, udang windu adalah keunggulan Sulawesi Selatan. 

Sementara itu, salah satu penerima bantuan dari kelompok Harapan Jaya 2, Ruslan, mengaku sangat terbantu dengan bantuan benur udang windu. Harapannya, bantuan ini dapat bermanfaat dan membawa berkah bagi perekonomian masyarakat.



(SUR)

Berita Lainnya