Kemensos Salurkan Bantuan Rp150 Juta pada Korban Bencana di Wajo

Ilustrasi. Pembangunan tugu Keserasian Sosial Atakke, Kabupaten Wajo,  Sulsel. ANTARA/ Foto/ HO- HUmas Pemkab Wajo Ilustrasi. Pembangunan tugu Keserasian Sosial Atakke, Kabupaten Wajo, Sulsel. ANTARA/ Foto/ HO- HUmas Pemkab Wajo

Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan sosial bagi Forum Keserasian Sosial (FKS) senilai Rp150 juta untuk Kelurahan Atakkae Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Bantuan itu disalurkan melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS).

Ketua FKS Atakkae Wajo Andi Safari mengatakan bantuan tersebut untuk komponen dalam bantuan keserasian sosial. Di antaranya pembangunan sarana prasarana publik berupa pembangunan talud penahan tanah dan pengerasan jalan menuju pekuburan umum Atakkae.

Selain itu, juga untuk pembangunan tugu keserasian sosial serta biaya operasional Forum Keserasian Sosial (FKS).

"Bantuan keserasian yang diberikan melalui Kemensos RI merupakan bentuk upaya peningkatan ekonomi produktif bagi masyarakat," kata Atakkae, dikutip dari Antara, Rabu, 11 Januari 2023.

Bantuan keserasian sosial juga ditujukan untuk meningkatkan semangat gotong-royong, mencegah konflik dan bencana sosial, serta meningkatkan kesepakatan masyarakat dalam menjaga perdamaian. Hal itu sesuai amanat UU Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial.

Bupati Wajo Haji Amran Mahmud menyampaikan terima kasih atas bantuan Kemensos yang telah mendukung program Pemerintah Kabupaten Wajo.

"Kementerian Sosial hadir untuk menjaga dan merawat harmonisasi kebangsaan. Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan untuk Wajo," ucap amran.

Pemerintah Kabupaten Wajo juga telah menyalurkan berbagai bantuan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Sulawesi Selatan kepada ribuan korban banjir dan angin kencang pada momentum cuaca ekstrem akhir tahun lalu.

Baca Juga: Pemkab Gowa Salurkan Bansos Rp2 miliar Pada Ribuan Keluarga
 

(SUR)

Berita Lainnya