Jangan Lupa! Ini 5 Tips Aman Tinggalkan Rumah saat Mudik

Ilustrasi mudik. Foto: Freepik Ilustrasi mudik. Foto: Freepik

Jakarta: Mudik menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu ketika memasuki Hari Raya Idulfitri. Biasanya, momen ini dimanfaat untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga tercinta.

Saat mudik, pemilik rumah akan meninggalkan rumah selama berhari-hari, sehingga rumah dalam keadaan kosong tanpa penghuni. Kondisi ini tentunya membuat pemudik kerap khawatir jika terjadi tindak kejahatan seperti pencurian atau perampokan.

Dilansir dari Medcom.id, simak tips yang bisa kamu lakukan agar mudik berjalan dengan aman dan lancar:

1. Membersihkan rumah

Meskipun terkadang membersihkan rumah bukanlah tujuan utama. Sebenarnya hal itu bisa sangat bermanfaat ketika kamu akan melakukan mudik.

Membersihkan cucian kotor, membuang makanan yang akan busuk dalam waktu dekat, mengecek saluran air dan listrik, dan membuang sampah, merupakan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum kamu pergi melakukan mudik.

Baca: 4 Resep Menu Takjil untuk Berbuka Puasa, Enak dan Simpel!

2. Membayar seluruh tagihan

Jika Anda tidak membayar tagihan secara online, sebaiknya pembayaran tagihan-tagihan tersebut sudah diselesaikan sebelum Anda melakukan perjalanan mudik.

Selain membuat mudik lebih aman, membayar tagihan ketika sedang berada di tempat umum juga bisa rawan untuk terjadi tindak kejahatan. Hal ini karena Anda berada di tempat umum, dimana banyak orang berkumpul.

3. Mengabarkan keluarga dan teman

Beberapa orang mungkin berlibur untuk menghindari keluarga atau teman, tetapi usahakanlah untuk tetap mengabarkan beberapa teman atau keluarga untuk alasan keamanan. Dengan begitu, jika ada kejadian yang tidak diinginkan selama perjalanan, maka kamu akan mudah untuk memberitahu keluarga atau teman.

4. Menyimpan barang berharga di tempat aman

Ketika pergi mudik, jangan lupa untuk menyimpan barang-barang berharga di tempat yang aman. Misalnya, menggunakan brankas atau tempat tersembunyi.

Anda juga bisa menyimpan di tempat yang menurut pencuri tidak akan ada barang-barang berharga seperti lemari pakaian dalam, atau kotak P3K.

Baca: Ingin Kenyang Lebih Lama saat Berpuasa? Ikuti 5 Cara Ini

5. Jangan menyimpan kunci cadangan sembarangan

Jangan menyimpan kunci cadangan di sembarang tempat. Simpan seluruh kunci yang kamu simpan di bawah keset, pot rumput, atau rak sepatu.

Hal ini untuk mencegah pencuri masuk ke dalam rumah ketika kamu sedang melakukan perjalanan mudik.



(UWA)

Berita Lainnya