Pemkab Parigi Alirkan Air Bersih Usai Banjir Susulan di Torue, Sulteng

ilustrasi/Medcom.id ilustrasi/Medcom.id

Apakareba.id: Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng), mendistribusikan bantuan air bersih kepada warga untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga pasca banjir susulan menerjang Desa Torue.

"Warga butuh air bersih, karena sebagian pipa sistem penyediaan air minum (SPAM) sambungan rumah tangga di desa itu rusak diterjang banjir susulan," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Parigi Moutong, Moh Rivai, dikutip dari Medcom.id, Selasa, 16 Agustus 2022.

Pemkab Parigi Moutong mengoperasikan satu mobil tangki air milik Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Pertanahan (UPRP) untuk menyuplai air bersih bagi warga terdampak bencana. Bantuan air bersih selain untuk kebutuhan memasak, digunakan warga membersihkan rumah mereka dari lumpur.

"Mobil tangki bantuan BPBD Sulteng sudah dikembalikan sepekan setelah banjir bandang di Torue. Pemenuhan air bersih saat ini hanya melibatkan satu unit kendaraan dan dinilai cukup untuk memasok air, ada sambungan pipa di sejumlah rumah warga tidak rusak," ujar Rivai.

Hingga hari kedua setelah banjir susulan, pemda dibantu relawan masih bergelut dengan kegiatan penanganan material lumpur di rumah warga. Selain itu, BPBD mengaktifkan kembali dapur umum guna memenuhi kebutuhan makanan siap saji kepada korban banjir.

Pemkab Parigi Moutong juga mengerahkan satu mobil pemadam kebakaran untuk membantu pembersihan rumah warga, jalan, dan fasilitas umum lainnya dari sisa material banjir. Saat ini, kurang lebih 80 warga Torue mengungsi ke dua posko pengungsian, yakni kantor desa dan tenda darurat milik Dinas Sosial.



(SUR)

Berita Lainnya