KPU Tomohon Ajak Pemilih Pemula Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2024

Arsip foto - Perekaman KTP elektronik (E-KTP) bagi pemilih pemula yang akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di SMA 2 Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat 28/7/2023) ANTARA Foto/ M Faisal Hanapi Arsip foto - Perekaman KTP elektronik (E-KTP) bagi pemilih pemula yang akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di SMA 2 Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat 28/7/2023) ANTARA Foto/ M Faisal Hanapi
TOMOHON: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), mengajak pemilih pemula menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.


“Mereka (pemilih pemula) terus kita dekati agar mereka datang ke tempat pemungutan suara,” kata Ketua KPU Tomohon, Albertien Vierna Pijoh, dikutip dari Antaranews, Kamis, 3 Agustus 2023.

Jumlah pemilih di Tomohon tercatat 78.022 orang. Jumlah itu terdiri atas 39.072 pemilih perempuan dan 38.950 pemilih laki-laki. Sementara itu, 6.785 di antaranya adalah pemilih pemula.

“Kita mendatangi mereka di sekolah, mengajak dalam berbagai kegiatan termasuk di antaranya mereka mengikuti cerdas cermat pemilu. Itu yang kami lakukan agar (mereka) termotivasi gunakan hak pilih dalam pemilu nanti,” lanjutnya.

Ia mengatakan, angka partisipasi pemilih di Tomohon sebesar 92 persen pada pemilu terakhir. Jauh di atas target nasional sebesar 77 persen.

“Angka itu diperoleh saat situasi covid-19. Apalagi saat ini sudah melewati pandemi, mungkin bisa lebih banyak lagi yang bisa menggunakan hak pilih,” ujarnya.

Albertian memastikan pihaknya akan terus mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang.

“Upaya kita saat ini adalah memastikan semua warga yang memilihi hak pilih bisa menggunakan hak pilihnya pada saat pemilu nanti. Kita terus melakukan edukasi bagi semua pemilih dalam berbagai kegiatan, mengajak mereka menggunakan hak pilih,” tuturnya.



(SUR)

Berita Lainnya