Desa Wisata Tondong Kura Jadi Perhatian Khusus Pemkab Pangkep

Suasana kunjungan Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau ke Desa Tondong Kura, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkep, Sulsel untuk menanam pohon sebagai tanda peresmian desa wisata. ANTARA/HO-Pemkab Pangkep Suasana kunjungan Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau ke Desa Tondong Kura, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkep, Sulsel untuk menanam pohon sebagai tanda peresmian desa wisata. ANTARA/HO-Pemkab Pangkep

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep, Sulawesi Selatan, memberikan dukungan infrastruktur. Salah satunya adalah dengan memberikan kemudahan akses jalan ke Desa Wisata Tondong Kura, Kecamatan Tondong Tallasa.

"Peresmian Desa Tondong Kura sebagai desa wisata perlu mendapat perhatian khusus, agar wisata alamnya yang indah dapat diakses oleh pengunjung,” ujar Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau, dilansir dari Antara, Kamis, 29 September 2022.

Ia mengatakan potensi desa wisata di daerah tersebut cukup banyak. Seperti keindahan alam, hutan, sungai, air terjun, ataupun pertanian.

Yusran pun berharap agar pemerintah dan masyarakat desa bekerja sama mengembangkan kearifan lokal di daerah tersebut.

“Semua potensi tersebut harus dimanfaatkan, agar dapat menghidupkan wisata di Tondong Tallasa,” ujarnya.

Pihaknya mendukung pengembangan desa wisata tersebut dengan memperbaiki akses jalan menuju Desa Wisata Tondong Kura.

Tak hanya itu, Pemkab akan memberikan pendampingan dan pelatihan Bahasa Inggris kepada masyarakat untuk menjadi pemandu wisata.

“Kita latih masyarakat di desa ini menjadi pemandu wisata,” tuturnya.

Kepala Desa Tondong Kura, Iklas, menuturkan desanya menawarkan sejumlah destinasi untuk pengunjung. Seperti air terjun, balon udara Dengeng, Bukit Capuko, dan Bukit Cinta.

Hadirnya desa wisata ini selaras dengan program Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemkab Pangkep, dan Desa Tondong Kura. Desa itu mengedepankan kearifan lokal dalam mengembangkan dan mengelola objek wisata.

 

BACA: Pulau Lae Lae Segera Direklamasi, Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru



(UWA)

Berita Lainnya