Dinas Perpustakaan Kota Makassar Buka Lapangan Kerja lewat Magang Mandiri

Kepala Dinas Perpustakaan Makassar Tenri A Palallo. ANTARA Foto/HO-Tenri A Palallo Kepala Dinas Perpustakaan Makassar Tenri A Palallo. ANTARA Foto/HO-Tenri A Palallo

Apakareba.id: Dinas Perpustakaan Kota Makassar membuka lapangan kerja untuk menjadi tenaga pustakawan lewat Program Magang Mandiri. Program ini digelar untuk memenuhi permintaan SDM tenaga pustaka di sejumlah sekolah yang mengusulkan.

"Kita terus berusaha memenuhi permintaan yang diusulkan sejumlah pihak untuk pengisian tenaga pustakawan, khususnya di sekolah," kata Kepala Dinas Perpustakaan Makassar, Tenri A Palallo, dikutip dari Antara, Selasa, 29 Agustus 2022.

Dia menyebut 1.054 perpustakaan membutuhkan tenaga pustakawan di Kota Makassar, terutama perpustakaan sekolah. Permintaan tenaga pustakawan dari instansi lainnya pun tak kalah besar.

Program Magang Mandiri yang dimulai sejak 2019 telah menyalurkan sebanyak 47 tenaga pustakawan ke berbagai sekolah. Setiap tahun, Dinas Perpustakaan Kota Makassar menyalurkan sebanyak 12 pustakawan.

Menurut Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tulus Wulan Juni, program Magang Mandiri ini berbeda dari program magang lainnya. Magang Mandiri ini menyiapkan SDM yang berkualitas untuk menghadapi dunia kerja. Peserta diuji dalam menghadapi birokrasi, pelayanan masyarakat yang kompleks, juga pada sarana perpustakaan yang sudah memiliki standar.



(SUR)

Berita Lainnya