BMKG Prediksi Potensi Curah Hujan Tinggi 10 Hari ke Depan

Ilustrasi hujan. Medcom.id Ilustrasi hujan. Medcom.id

Apakareba:  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan tinggi dalam 10 hari ke depan. Kondisi tersebut berpotensi terjadi di sejumlah wilayah.
 
"Berdasarkan prakiraan peluang curah hujan dasarian (10 harian), terdapat indikasi potensi curah hujan tinggi hingga satu dasarian ke depan," kata pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Klimatologi Urip Haryoko dikutip dari laman BMKG, Selasa, 14 September 2021.
 
Melansir Medcom.id, BMKG mengelompokan potensi hujan menjadi beberapa kategori. Pertama kategori awas meliputi daerah Kaimana di Papua Barat serta Asmat, Boven Digoel, Mimika, Nduga, Pegunungan Bintang, dan Yahukimo di Papua.

Baca juga: 5 Makanan Ini Tingkatkan Imunitas Anda Saat Musim Hujan

Kemudian, kategori siaga, yakni Kaimana di Papua Barat dan Dogiyai, Nabire, Paniai, Puncak di Papua. Lalu, kategori waspada meliputi Kuta Barat, Kalimantan Timur; Mamuju, Mamuju Utara di Sulawesi Barat; Maluku Tengah, Maluku; Manokwari, Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Bintuni di Papua Barat; dan Mappi, Puncak Jaya, Tolikara di Papua.
 
Urip menambahkan prediksi peluang hujan tinggi di atas 70 persen. Diperlukan kewaspadaan terhadap dampak potensi curah hujan tinggi dan potensi cuaca ekstrem.
 
BMKG memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia mengalami awal musim hujan pada Oktober dan November 2021.



(NAI)

Berita Lainnya