Apa itu Sungkeman yang Biasa Dilakukan saat Idulfitri?Yuk Simak Ulasannya

ilustrasi-sungkeman. Foto: sampaijauh.com ilustrasi-sungkeman. Foto: sampaijauh.com

Dadali: Sungkeman merupakan salah satu tradisi Jawa yang biasa dilakukan saat Idulfitri. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sungkem berarti sujud atau tanda bakti dan hormat.

Saat Idulfitri, biasanya saudara yang lebih muda akan mengunjungi rumah saudara yang lebih tua untuk melakukan sungkeman dan saling meminta maaf. 

Cara sungkeman

Sungkeman adalah sikap menundukkan badan dengan meletakkan kedua telapak yang diletakkan di lutut orangtua atau orang yang dipandang lebih tua. Dengan posisi tersebut, selanjutnya orang yang lebih muda meminta maaf. 

Etika sungkeman

Penting untuk memperhatikan etika yang benar selama sungkeman, sebaiknya hindari menggunakan gadget atau tindakan yang mengabaikan seseorang demi telepon seseorang. Jadi simpan dulu gadget kalian ya Sob. 

Apakah sungkeman dianjurkan dalam islam?

Melansir the asian parent, dalam Islam, sangat dianjurkan untuk menunjukkan rasa hormat dan hormat kepada orang yang lebih tua, dan sungkeman adalah salah satu caranya. Sungkeman merupakan manifestasi dari sabda Nabi Muhammad SAW tentang adab dan hormat kepada orang yang lebih tua. 

Sungkeman juga merupakan cara mengungkapkan rasa terima kasih atas bimbingan dan dukungan yang diberikan oleh sesepuh sepanjang hidup seseorang. 



(FPR)

Berita Lainnya