Catat! Ini 3 Cara Jaga Asupan Vitamin D di Musim Penghujan

Ilustrasi bahan pangan yang kaya akan vitamin D. (IStock/dreamsfolklore) Ilustrasi bahan pangan yang kaya akan vitamin D. (IStock/dreamsfolklore)

Vitamin D merupakan salah satu asupan penting bagi tubuh. Namun, pada musim penghujan seperti saat ini, tubuh tidak bisa mendapat vitamin D dari paparan sinar matahari secara maksimal. 

Dikutip dari Antara, Rabu, 19 Oktober 2022, ada tiga cara lain untuk meningkatkan vitamin D pada tubuh secara mudah. 

Konsumsi lebih banyak ikan, telur, dan jamur

Berbagai  jenis ikan seperti  salmon,  nila, sardin, tuna, halibut, udang, hingga kerang mengandung vitamin D yang tinggi. Selain itu, telur, daging sapi, dan jamur juga bisa menjadi pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Sejumlah bahan pangan olahan yang sudah terfortifikasi vitamin D juga bisa menjadi pilihan. Di antaranya susu, sereal, sari buah dan yoghurt. 

Gunakan lampu sinar ultraviolet

Matahari memancarkan jenis cahaya yang dikenal sebagai UVB yang disintesis oleh kulit Anda (melalui senyawa yang disebut 7-DHC) untuk memulai produksi vitamin D dalam tubuh. Lampu UVB bekerja dengan menggunakan jenis sinar yang sama dengan matahari sehingga Anda dapat tetap berada di dalam ruangan di tempat yang hangat dan tetap mendapatkan manfaat dari hari musim panas yang cerah.

Faktanya, beberapa lampu LED pada panjang gelombang tertentu terbukti lebih efisien dalam merangsang produksi vitamin D kulit daripada matahari. Namun, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan anda sebelum memulai rutinitas terapi sinar UV karena faktor-faktor tertentu. Misalnya, kandungan melanin kulit dan usia yang dapat memengaruhi tingkat penyerapan dan produksi.

Suplemen nutrisi

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa vitamin D2 yang dihasilkan oleh tumbuhan tidak cukup berpengaruh pada tubuh. Vitamin D3 dihasilkan oleh hewan. 

Untuk itu, kini beberapa produsen mulai memproduksi suplemen vitamin D3 yang ramah vegan. Suplemen vitamin D ini hadir dalam beragam pilihan yang nyaman, termasuk bubuk, kapsul, tetes, permen karet, softgels, kunyah, dan semprotan. 

BACA: 5 Tips Konsumsi Makanan Sehat Hemat Budget



(SUR)

Berita Lainnya