BNPB: 100,81 Juta Warga Berpotensi Terdampak Banjir

Banjir. Dok BNPB. Banjir. Dok BNPB.

Apakareba: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat wilayah Indonesia berpotensi alami banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi, menyebut 100,81 juta jiwa terancam bahaya banjir.

"Sementara potensi bahaya tanah longsor teridentifikasi di 33 provinsi dengan potensi populasi terpapar mencapai 14 juta jiwa," kata Prasinta dilansir dari Media Indonesia, Selasa,9 November 2021.

Wilayah provinsi dengan beberapa kabupaten yang berada pada potensi tinggi antara lain di Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Jambi, dan Bengkulu.
 
Lalu, Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua. Wilayah yang berpotensi banjir sedang hingga tinggi dapat dilihat pada tautan berikut ini.

Baca: Wagub Klaim Anggaran Penanganan Banjir DKI Tertinggi se-Indonesia

Sementara itu, beberapa kabupaten dan kota di seluruh provinsi teridentifikasi memiliki potensi bahaya tanah longsor. Potensi ini diprediksi akan terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Sumatra Barat, seperti Agam, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Bukit Tinggi, Kota Padang, Padang Panjang, dan Pariaman.
 
Kemudian, Sawah Lunto, Solok, Limapuluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok Selatan, dan Tanah Datar. Wilayah yang berpotensi terjadi tanah longsor sedang hingga tinggi dapat dilihat pada tautan berikut ini.



(RAI)

Berita Lainnya