Untaian Syukur Tak Terputus dari Jemaah Haji Indonesia di Padang Arafah

Jamaah dalam kelompok terbang 6 Embarkasi Lombok menempati tenda yang disediakan untuk jamaah haji di Padang Arafah pada Kamis (7/7/2022). (ANTARA/HO MCH Kemenag 2022) Jamaah dalam kelompok terbang 6 Embarkasi Lombok menempati tenda yang disediakan untuk jamaah haji di Padang Arafah pada Kamis (7/7/2022). (ANTARA/HO MCH Kemenag 2022)

Mekkah: Jemaah haji Indonesia terus mengucap syukur saat tiba di Padang Arafah pada Kamis, 7 Juli 2022, pagi waktu Arab Saudi. Para jemaah nantinya akan melaksanakan wukuf pada 9 Zulhijah 1443 Hijriah atau Sabtu, 9 Juli 2022. 

Zaenal Muttaqien, salah satu anggota rombongan yang pertama tiba di Arafah, bersyukur saat tiba di Padang Arafah di Timur Kota Mekkah. Ia menyebut fasilitas yang tersedia sesuai dengan harapannya. 

“Alhamdulillah. Tidak ada kekurangan. Alhamdulillah. Ini kenikmatan dari Allah,” ujar Zaenal Muttaqien dilansir dari Antaranews.com, Kamis, 7 Juli 2022. 

Anggota jamaah Indonesia umumnya membawa koper kecil atau tas gendong berisi pakaian dan makanan kecil. Sebelumnya, mereka menunggu bus yang akan membawa mereka ke Padang Arafah di lobi hotel tempat mereka menginap di Mekkah.

Baca: Mahal & Sering Basi, Anggota DPR Protes Kualitas Katering Jemaah Haji Indonesia

Media Center Haji Kementerian Agama mengungkapkan, jemaah dalam kelompok terbang (kloter) 6 dari Embarkasi Lombok merupakan rombongan pertama asal Indonesia yang sampai di Arafah. Mereka tiba sekitar pukul 08.00 waktu setempat. 

Sesampainya di Arafah, para jemaah memasuki tenda-tenda di Maktab 1 sambil melantunkan talbiah. Dalam setiap maktab terdapat delapan sampai sembilan tenda berukuran 10x25 meter. 

Fasilitas yang tersedia di setiap maktab antara lain, toilet, pasokan listrik, pendingin udara, kasur, dan bantal. Setiap tenda di maktab dapat diisi oleh 234 orang. 

Baca: Terpapar Covid-19, Seorang Calon Haji Asal Makassar Tunda Keberangkatan

Untuk toilet di setiap maktab berjumlah 38 unit. Tambahan toilet portabel juga disediakan untuk mengurangi antrean pengguna. Khususnya di toilet perempuan. 

Kepala Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah Kerja Mekkah Mukhammad Khanif sebelumnya menjelaskan bahwa jemaah Indonesia diberangkatkan dari Mekkah ke Arafah dalam tiga tahapan. 

Tahapan pertama pada Kamis, pukul 07.00 sampai 10.00. Tahap kedua pada pukul 10.00 sampai 14.00 dan tahap ketiga dari pukul 14.00 sampai 17.00 waktu Arab Saudi.



(UWA)

Berita Lainnya