Komplotan Perampok dan Pemerkosa Mahasiswi di Makassar Ditangkap

Ilustrasi kriminal. Medcom.id Ilustrasi kriminal. Medcom.id

Apakareba: Seorang perampok di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, berinisial MR, ditangkap polisi usai membobol sejumlah kos putri. Selain merampok, MR juga tega memerkosa para korbannya yang umumnya mahasiswi.

Aksi MR sebelumnya sempat terekam kamera pengawas dan viral di media sosial. Tim Kejahatan dan Kekerasan Polrestabes Makassar yang mengetahui informasi tersebut segera menangkap pelaku.

"Ada beberapa laporan perampokan masuk disertai pemerkosaan. Beberapa lokasi kejadian itu ada kamera CCTV yang terpasang, dan itulah yang menjadi awal pengungkapan kasus ini," kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar Kompol Agus Khaerul di Makassar, Senin, 7 Juni 2021, melansir Antara.

Agus menuturkan MR tak beraksi sendiri. Dia dibantu kawanannya yang juga berhasil ditangkap yakni AS, FA, dan YU. Peran masing-masing tersangka berbeda.

Baca juga: Begini Cara Pemerintah Kota Makassar Tanggulangi DBD

"Lelaki AS dan FA berperan mencari lokasi, menggambar lokasi dan setelah itu menjaga keadaan atau situasi di luar. Selanjutnya, pelaku utama lelaki MR masuk ke dalam rumah kos dan melakukan aksinya," ucap dia.

Sementara, peran YU selaku penadah hasil barang rampokan. Dari hasil interogasi, keempat pelaku mengaku telah mencuri dengan kekerasan di 11 tempat kejadian perkara (TKP) berbeda.

Atas aksi itu, para tersangka akan dijerat dengan pasal 365 dan 368 KUHP. Serta dugaan pemerkosaan dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.

Barang bukti yang didapat berupa hasil curian di beberapa TKP yakni sembilan unit smartphone, laptop, dan perhiasan emas. Polisi juga mengamankan senjata tajam yang digunakan pelaku untuk mengancam korbannya antara lain dua buah parang dan dua buah badik.



(CIA)

Berita Lainnya