Bahas Bendungan Pamukkulu, Stafsus Wapres Temui Plt Gubernur Sulsel

Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden RI Sukriansyah S Latief menemui Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman pada Senin, 21 Juni 2021. (Sumber: Sulselprov.go.id) Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden RI Sukriansyah S Latief menemui Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman pada Senin, 21 Juni 2021. (Sumber: Sulselprov.go.id)

Apakareba: Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden RI Sukriansyah S Latief menemui Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman pada Senin, 21 Juni 2021. Dalam kesempatan itu, Sukriansyah menyebut Sudirman sangat membantu dalam upaya percepatan progres pembangunan Bendungan Pamukkulu yang termasuk sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Sulsel. 

Menurutnya, proyek PSN yang sempat mandek itu perlahan mulai memperlihatkan progres pembangunan berkat dorongan dari Sudirman. "Kita berharap pemerintah daerah untuk terus melakukan sosialiasi karena bendungan ini untuk kepentingan masyarakat," kata Sukriansyah di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Senin, 21 Juni 2021, seperti dilansir dari Sulselprov.go.id.

Sudirman disebut tidak segan menggelar rapat dengan beberapa unsur pemerintah hingga tingkat bawah. Bahkan, Sukriansyah mengatakan bahwa Sudirman turun ke lapangan untuk melihat progres pembangunan bendungan di Kabupaten Takalar itu.

Baca juga: Kabar Baik! Sulawesi Selatan Masuk Zona Hijau Covid-19

"Kita terus mendorong dan mengawal pembangunan Bendungan Pamukkulu ini. Karena akan mengairi sawah dengan kapasitas 6000 hektar, hydropower, air bersih serta pengendali potensi banjir. Bendungan adalah investasi dari pemerintah yang dinikmati langsung oleh masyarakat sendiri," ujarnya.

Selain itu, Sukriansyah menjelaskan proyek Bendungan Pamukkulu sempat terhenti selama hampir dua tahun (600 hari) karena masalah lahan. Namun, proyek tersebut kembali efektif dikerjakan pada akhir 2019.

"(Pembangunan Bendungan Pamukkulu) atas dorongan dan komitmen kuat dari Andi Sudirman Sulaiman sejal menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulsel," ucapnya.

Ia menambahkan kunjungannya ini untuk melihat sekaligus memantau progres Proyek Strategis Nasional (PSN). Nantinya, pihaknya juga akan mengunjungi Takalar untuk melihat langsung progres pembangunan Bendungan Pamukkulu.


Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel  menyampaikan beberapa usulan serta meminta dukungan pemerintah pusat. "Kita berharap pemerintah pusat terus mendorong pembangunan di Sulsel, Diantaranya pembangunan jalan Outer Ring Road atau Jalan Tol di Atas Laut, Makassar New Port (MNP) serta lainnya," kata Sudirman.



(SYI)

Berita Lainnya