Jarang Diketahui Orang, Ini 5 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Daun binahong. Doc.alodokter Daun binahong. Doc.alodokter

Apakareba: Daun binahong sudah dikenal bermanfaat bagi kesehatan sejak ribuan tahun silam. Tanaman yang memiliki nama latin Anredera cordifolia ini digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional di China, Korea, dan Taiwan. 

Melansir alodokter.com, daun binahong merupakan salah satu tanaman berkhasiat tinggi yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit kronis. Hampir seluruh bagian tumbuhan binahong bisa dimanfaatkan dalam terapi herbal.

Sementara melansir dari Healthline, daun yang memiliki nama lain madeira vine ini memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang penting untuk kesehatan tubuh. Daun ini juga didukung kandungan senyawa alami seperti flavon, tanin, dan saponin. Berikut ini berbagai manfaat daun binahong bagi kesehatan, dilansir dari berbagai sumber. 

1. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Daun binahong dapat mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka bakar. Kandungan senyawa alami, yakni kandungan saponin pada daun binahong berperan sebagai antiseptik. Sehingga mencegah infeksi bakteri yang dapat memperlambat penyembuhan luka.

Selain itu, senyawa ini juga mempercepat pembentukan kolagen. Flavonoid dalam daun binahong terbukti efektif mengurangi peradangan pada luka. Sedangkan, tanin dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit luka, menghentikan produksi nanah, dan menghentikan pendarahan ringan.

2. Menurunkan risiko diabetes

Ekstrak daun binahong dipercaya dapat mencegah diabetes. Sebab, kandungan senyawa flavonoid, steroid, dan kumarin di dalam daun binahong berperan penting untuk menghambat pemecahan dan penyerapan gula di usus. Kandungan ini juga meningkatkan fungsi hormon insulin. 

Penelitian mendukung manfaat daun binahong dapat memperlihatkan kemampuannya dalam menurunkan kadar gula darah setelah makan. Rebusan daun binahong ini pun turun temurun digunakan sebagai obat diabetes di masyarakat. 

3. Mengobati asam urat

Asam urat dapat terjadi karena kadar asam urat di dalam tubuh terlalu tinggi. Akibatnya, asam urat menumpuk dan membentuk kristal asam urat yang menyebabkan peradangan, nyeri, dan pembengkakan pada jaringan otot. 

Kondisi ini kerap terjadi di jempol kaki, pergelangan kaki, siku, dan pergelangan tangan. Cara mengatasi asam urat yang paling mudah adalah dengan ekstrak daun binahong. Kandungan flavonoid pada daun binahong dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

4. Mengobati hipertensi dan mencegah penyakit jantung

Kandungan dalam ekstrak daun binahong juga memiliki efek menurunkan denyut jantung dan memperbanyak produksi urine. Kedua efek ini sama seperti efek obat hipertensi penghambat beta dan diuretik. 

Selain itu, ekstrak daun binahong juga dapat menurunkan kadar kolesterol jaaht dan lemak dalam darah. Gabungan efek antihipertensi dan penurun koresterol ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, seperti gagal jantung atau serangan jantung. 

5. Meningkatkan fungsi ginjal

Ekstrak daun binahong juga diketahui berkhasiat dalam meningkatkan fungsi ginjal, khususnya pada kondisi gagal ginjal kronis. Manfaat daun binahong ini telah dibuktikan dalam berbagai penelitian. 

Penelitian menunjukkan perbaikan sel ginjal pada penderita gagal ginjal setelah pemberian ekstrak daun binahong membuahkan hasil. Dengan mengonsumsi ekstrak binahong secara teratur dipercaya dapat meningkatkan fungsi ginjal. 

Itu lima manfaat ekstrak daun binahong yang digunakan untuk obat tradisional masyarakat. Kamu bisa mencobanya, bahkan kamu bisa menanam tanaman binahong sendiri di rumah. 



(CIA)

Berita Lainnya