Wow, Ternyata Ini Keuntungan Menjadi Paskibraka di Istana Merdeka

Tangkapan layar upcara pengibaran bendera Merah Putih. Sumber: Youtube Sekretariat Presiden Tangkapan layar upcara pengibaran bendera Merah Putih. Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Apakareba:  Menjadi bagian dari Perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus merupakan sebuah pengalaman yang membanggakan. Apalagi jika terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Merdeka.

Setiap tahunnya, Paskibraka dipilih dari setiap provinsi di Indonesia. Tahun ini, 68 Paskibraka akan bertugas dalam Upacara Peringatan HUT ke-76 RI pada 17 Agustus 2021 di Istana Merdeka.

Selain mendapatkan kebanggaan, ternyata terpilih menjadi Paskibraka juga mendapatkan beberapa keuntungan lho. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini keuntungan yang didapatkan oleh Paskibraka.


1.Kemudahan masuk Akpol atau Akmil

Ternyata jika Anda terpilih menjadi Paskibraka di Istana Merdeka, ada kemudahan bagi yang tertarik melanjutkan Pendidikan di bidang Akademi Polisi (Akpol) atau Akademi Militer (Akmil). Hal ini dikarenakan mereka putra dan putri terbaik dari daerah asalnya.

Alasan lainnya, karena mereka sudah memiliki modal fisik yang mumpuni serta kesiapan mental yang memadai yang didapat selama pelatihan Paskibraka.


2. Kunjungan ke luar negeri

Banyak yang mengira setelah mereka melakukan tugasnya mengibarkan bendera Merah Putih tugas mereka sudah selesai. Ternyata tidak, biasanya Paskibraka juga melakukan kunjungan ke luar negeri sebagai Duta Belia. Namun, akibat situasi pandemi, sepertinya hal tersebut belum bisa dilaksanakan.


3. Bonus liburan

Tidak hanya Paskibraka yang bertugas di Istana Merdeka yang mendapatkan keuntungan. Tim Paskibraka yang bertugas di tingkat Kabupaten juga kerap mendapatkan keuntungan lho.

Seperti liburan di dalam negeri, contohnya Paskibraka Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, saat peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71, 2017.

Sebanyak 72 anggota Paskibra liburan ke Bali usai melaksanakan tugas pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71

Itulah beberapa keuntungan yang didapat ketika menjadi Paskibraka. Cukup fantastis ya, bagaimana, apakah Anda tertarik?

Baca juga: Ternyata Ini Filosofi dari Lomba 17 Agustus yang Sering Kita Ikuti



(NAI)

Berita Lainnya