Simak! Ini 8 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Ilustrasi diet. freepik Ilustrasi diet. freepik

Apakareba: Banyak orang menganggap ibadah puasa selama Ramadan dapat menjadi salah satu solusi menurunkan berat badan. Bisa jadi demikian, tapi tidak semua orang yang berpuasa lantas berat badan menurun.

Adakalanya, kamu yang menjalani ibadah puasa justru malah mendapati timbangan naik. Dilansir dari hellosehat.com, ada sejumlah strategi yang perlu kamu perhatikan agar berat badan bisa menurun selama ibadah puasa.

Salah memasang strategi justru bisa membuat berat badan naik. Berikut delapan tips yang perlu kamu perhatikan bila ingin menurunkan berat badan saat puasa.

1. Tetap sahur

Beberapa orang mungkin menganggap melewatkan sahur selama puasa bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Nyatanya, hal tersebut justru tidak disarankan. Sahur merupakan bagian penting dari puasa. Makan makanan yang sehat saat sahur bertujuan mempertahankan energimu sepanjang hari selama puasa.
 
Melewatkan sahur justru membuat kamu akan lebih banyak makan saat berbuka puasa. Bagaimana tidak, isi perutmu kosong dari dini sampai petang hari. Tak heran kalau asupan makanan jadi tak terkendali ketika buka puasa.  

Baca juga: Bisa Sebabkan Stroke, Ini Berbagai Dampak Buruk Tidur Setelah Sahur

2. Pilih makanan bergizi seimbang

Salah satu cara menurunkan berat badan saat puasa ialah dengan memilih makanan bergizi seimbang. Terlebih, kamu cuma punya dua kesempatan untuk mengisi perut, yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Itu sebabnya, pilihan makanan pada kedua waktu tersebut disarankan mengandung nutrisi yang seimbang.

Saat sahur, usahakan untuk memilih makanan kaya cairan agar tubuh terhidrasi dengan baik. Kamu bisa mencoba menu makanan sahur seperti roti gandum, beras merah, dan oatmeal. Kamu juga bisa makan buah dan sayur, atau memilih makanan tinggi protein seperti susu, yogurt, telur, dan kacang-kacangan.

Sedangkan untuk menu buka puasa, usahakan untuk minum terlebih dahulu seperti air putih, susu, jus buah atau smoothies. Kamu juga bisa makan makanan rendah lemak yang mengandung gula alami seperti kurma, buah-buahan, dan sup kaldu daging dengan kacang-kacangan.

3. Hindari makanan dengan gula tambahan

Berbuka dengan yang manis memang menjadi slogan di bulan Ramadan dan dapat mengembalikan energi yang hilang. Namun, jangan sampai kamu mengonsumsi makanan manis terlalu banyak.

Terlalu banyak makanan dan minuman manis justru akan berubah menjadi lemak. Akibatnya, berat badan justru naik selama puasa. Hal ini dikarenakan produksi insulin tubuh akan menurun ketika berpuasa.

Sedangkan, insulin berfungsi mengubah gula menjadi energi. Gula yang tidak diolah menjadi energi akan secara otomatis tersimpan dalam bentuk lemak oleh tubuh.

Ini lah mengapa mengonsumsi makanan manis saat berpuasa bisa bikin gemuk. Lebih baik pilih makanan dengan karbohidrat kompleks untuk menambah energi, seperti nasi merah, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Baca juga: Simak! Ini Jenis Makanan Penghilang Jerawat

4. Tetap berolahraga

Puasa dan tidak banyak makan bukan berarti kamu boleh bermalas-malasan. Berolahraga secara rutin selama puasa justru lebih efektif menurunkan berat badan.

Hanya saja, intensitas dan beratnya olahraga yang kamu jalani sedikit berkurang selama puasa. Sebab, tubuh secara alami menjadi kurang aktif karena energi yang didapat dari makanan berkurang selama puasa.

Sehingga, kamu disarankan untuk menghindari olahraga dengan intensitas tinggi selama Ramadan. Alih-alih mengangkat beban, kamu bisa mencoba yoga yang bisa membantu mengelola stres dan membakar kalori.

Tubuhmu pun akan mencari sumber energi lain, yaitu cadangan lemak yang dapat dibakar ketika kamu berolahraga saat puasa. Alhasil, perut kamu bakal semakin langsing, deh.

5. Minum banyak air

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan kunci utama memiliki berat badan ideal selama puasa. Caranya, minum air beberapa kali sepanjang malam, hindari kafein, dan pastikan tubuh mendapat cairan yang cukup saat berbuka puasa.

Minum banyak air memang penting, tetapi usahakan untuk tidak minum terlalu banyak pada satu waktu. Mencoba minum beberapa liter air sekaligus dapat mengencerkan elektrolit yang bisa memicu keracunan air.  

6. Hindari makan gorengan

Orang Indonesia suka sekali berbuka puasa dengan gorengan dan minuman manis. Padahal, Makan makanan yang serba digoreng mengandung lemak jenuh. Kebiasaan ini malah bikin kamu tambah gemuk.

Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan risiko penyakit tertentu seperti kolesterol, penyakit jantung, dan stroke. Usahakan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik seperti kacang-kacangan, sayuran seperti bayam dan kubis, alpukat, dan ikan.

Konsumsi lebih banyak lemak baik setidaknya dapat membantu menurunkan berat badan saat puasa meski tidak instan.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 6 Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa

7. Menjaga porsi makan

Kamu tetap harus menjaga porsi makan baik saat sahur maupun buka puasa meski kamu sudah tidak makan, ngemil, atau minum seharian. Makan dengan porsi berlebihan malah bisa meningkatkan kadar gula secara tiba-tiba.

Hal ini tentu tidak baik mengingat tubuh tidak menghasilkan banyak insulin saat puasa. Gula pun hanya akan diubah menjadi lemak dalam tubuh.
 
Kamu bisa mengakalinya dengan makan memakai piring yang ukurannya lebih kecil. Ini akan membuat kamu tidak makan berlebihan.

8. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup bisa menurunkan berat badan saat puasa. Pasalnya, kurang tidur akan mengacaukan sistem metabolisme tubuh. Alhasil, tubuh tidak efektif membakar cadangan lemak.

Sementara itu, kurang tidur dapat meningkatkan hormon ghrelin yang bisa menambah nafsu makan. Selama puasa pun kamu akan sulit mendapat kualitas tidur yang baik.

Tapi kamu gak perlu khawatir, ada berbagai tips yang bisa kamu coba untuk mendapat tidur yang cukup saat puasa. Kamu bisa merencanakan rutinitas tidur dengan tidur lebih cepat dari biasanya. Dari sebelumnya pukul 23.00 WIB menjadi 21.00 WIB.

Baca juga: Kebiasaan Tidur Siang Bikin Penyakit? Cek Faktanya!

Kamu jadi punya waktu cukup tidur selama enam sampai tujuh jam sebelum sahur. Usahakan sebelum tidur, kamu tidak menggunakan ponsel, laptop, atau televisi. Ini biar kamu bisa tidur lebih cepat.

Selain itu, kamu juga bisa menambah energi kamu dengan tidur siang selama 20 menit. Kamu juga harus mulai mengurangi makan makanan berlemak atau manis sebelum tidur, apalagi minum minuman berkafein.
 
Itu delapan tips yang bisa kamu jalankan agar puasa selama Ramadan kali ini bisa bikin timbangan kamu jadi ringan. Selamat mencoba!



(CIA)

Berita Lainnya