Jadi Tradisi, Pekuburan Islam di Mamuju Dipadati Peziarah selama Lebaran

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Apakareba: Sebelum Ramadan, biasanya umat Islam di Indonesia akan berziarah ke makam keluarga atau kerabat. Giat tersebut sudah menjadi tradisi jelang bulan suci. 

Saat Lebaran, sebagian orang pun akan kembali berziarah. Seperti di Kota Mamuju, Sulawesi Barat, sejumlah pekuburan Islam di sana dipadati peziarah selama libur Idulfitri 2021

Dilansir dari Antara, umat muslim berbondong-bondong berziarah ke pekuburan Islam di Kota Mamuju sejak hari pertama Lebaran. Tak hanya dari Mamuju, warga dari berbagai daerah lainnya di Sulbar juga berziarah ke sana.

Mereka datang bersama sanak keluarganya serta tak lupa membawa karangan bunga yang nantinya diletakkan di atas makam. Bahkan, jumlah peziarah di pekuburan Islam paling padat di Mamuju, yakni di Jalan Soekarno Hatta, diperkirakan mencapai ribuan orang.

Pemandangan serupa juga terjadi di sejumlah tempat pekuburan di Mamuju yang meliputi pekuburan Islam di Jalan Kelapa Mamuju, Jalan Ir Haji Juanda, dan Jalan Husni Tamrin; kuburan di lingkungan Tami; serta kuburan Islam di Kelurahan Karema.

Peziarah memadati pekuburan Islam sejak pagi hingga menjelang sore hari. Mereka memanjatkan doa untuk keluarganya yang sudah meninggal dunia sembari menaburkan bunga ke kuburan keluarga maupun kerabat mereka. Momen tersebut juga dijadikan sebagai kesempatan untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan dengan warga lainnya.

Salah seorang peziarah, Husnaeni, mengatakan sudah menjadi tradisi berziarah di pekuburan Islam setiap Lebaran. Padatnya peziarah kubur di Mamuju juga membawakan berkah bagi para pedagang karangan bunga yang menjual dagangannya kepada peziarah.

“Kami datang berdoa untuk mertua kami yang telah tiada,” katanya.



(SYI)

Berita Lainnya