Legislator: Stok Vaksin Menipis di Daerah, Pemerintah Cepat Distribusikan! 

Legislator Dapil IX Jawa Tengah, Dewi Aryani (depan) sedang sosialisasi vaksinasi Covid-19. Dok MI Legislator Dapil IX Jawa Tengah, Dewi Aryani (depan) sedang sosialisasi vaksinasi Covid-19. Dok MI

Apakareba: Belakangan stok vaksin covid-19 di sejumlah daerah semakin menipis, hal tersebut  menjadi hambatan dalam percepatan vaksinasi nasional. Anggota Komisi IX DPR RI, Dewi Aryani, meminta untuk pemerintah pusat segera mendistribusikan agar herd immunity bisa terbentuk.

"Kami sudah melakukan rapat dengan Kemenkes dan Kemendagri agar distribusi dipercepat, misal dengan penambahan armada, terus memperbanyak tempat penyimpanan vaksin. Jadi tidak ada kerentanan," ujar Dewi saat menyosialisasikan vaksinasi di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu, 24 Juli 2021.

Menurut Dewi, lambatnya distribusi vaksin ke daerah karena vaksin membutuhkan perlakuan khusus. Beberapa jenis vaksin membutuhkan prosedur penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman yang berbeda.

Baca juga: Sambut Hari Anak Nasional, Program Vaksinasi Menyasar Ribuan Anak di Makassar

Melansir Media Indonesia, legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) IX Jawa Tengah itu menjelaskan capaian vaksin yang sejauh sudah mencapai 22 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau 43 juta orang. Capaian ini sudah cukup baik jika melihat kondisi geografis wilayah Indonesia. 

"Jaraknya jauh, apalagi yang di luar Jawa," jelas Anggota Komis IX DPR RI itu. 

Menurut Dewi program vaksinasi nasional harus didukung semua pihak agar herd immunity atau kekebalan komunal bisa cepat terbentuk. "Saya akan menggelar vaksinasi massal di 40 hingga 50 lokasi di Kabupaten Tegal," kata Dewi.



(NAI)

Berita Lainnya