Pemprov Sulbar Minta Pemerintah Pusat Bangun Jalan Mamuju-Luwu Utara

Ilustrasi. MI/Angga Yanuar Ilustrasi. MI/Angga Yanuar

Apakareba: Pemerintah pusat diminta untuk membangun jalan yang menghubungkan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), menuju Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar menilai dengan adanya jalan itu, maka perekonomian daerah akan terdongkrak.

"Pemerintah Sulbar telah mengusulkan dalam Musrembang regional sulawesi, agar jalan menghubungkan Kabupaten Mamuju Sulbar menuju Kabupaten Luwu Utara Sulsel dibangun pemerintah pusat," kata Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, di Mamuju, Rabu, 21 April 2021, seperti dilansir dari Antara.

Pembangunan sarana yang diusulkan, yakni sepanjang 108 kilometer. Ali menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah berjanji untuk membangun jalan tersebut.

Selain pembangunan jalan Mamuju-Luwu Utara, Pemprov Sulbar juga mengusulkan agar jalan dari Kabupaten Mamasa, Sulbar, menuju Kabupaten Toraja, Sulsel, dibangun pemerintah. Pembangunan tersebut untuk mendukung jalur transportasi antara tiga wilayah yang meliputi Sulbar, Sulsel, dan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Selain itu, pihaknya juga mengusulkan agar Pelabuhan Tanjung Silopo Kabupaten Polman dibangun untuk menyambut tol laut Sulbar, Sulsel, dan Kaltim. Selanjutnya, ia juga berharap agar rute penerbangan Mamuju menuju Manado dan Gorontalo dibuka bagi penumpang dan logistik. Apalagi, jalur tersebut mulai dipadati penumpang.

Terakhir, Ali juga menginginkan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palipi Kabupaten Majene dikembangkan. Pemerintah pusat juga diminta untuk membangun pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Pelabuhan Belang-Belang Mamuju.

"Perlu kebersamaan dan kesatuan pandangan yang dibarengi kerja keras untuk memaksimalkan kinerja, membangun Sulawesi ini dan berharap pemerintah pusat dapat mengakomodir kepentingan pembangunan di Sulawesi khususnya di Sulbar ini," jelasnya.
 
 



(SYI)

Berita Lainnya