Kenali 5 Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan

Daun afrika. Alodokter. Daun afrika. Alodokter.

Apakareba: Daun afrika yang memiliki nama lain Vernonia amygdalina ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Daun afrika dikenal sebagai tanahan herbal yang populer digunakan sebagai pengobatan tradisional di bagian barat Afrika, terutama di Nigeria. 

Daun afrika mulai banyak dikembangkan di Tanah Air karena khasiatnya yang mujarab. Pasalnya, daun herbal ini dapat mengatasi malaria, cacingan, infeksi bakteri, penyakit hati dan ginjal, diabetes, hingga gangguan pencernaan, seperti mual dan diare. 

Daun afrika dapat dikonsumsi secara langsung, dimasak, atau direbus lalu diminum air rebusannya. Dirangkum dari berbagai studi, daun Vernonia amygdalina termasuk sumber protein, serat, dan lemak sehat yang cukup tinggi. 

Selain itu, daun Afrika diperkaya oleh sejumlah mineral penting lainnya seperti zink, kalsium, magnesium, kalium, zat besi, dan natrium. Daun ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B kompleks yang dapat membantu mencukupi kebutuhan harian tubuh.

Baca juga: Jarang Diketahui Orang, Ini 5 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari daun Afrika, dikutip dari berbagai sumber.

1. Menurunkan kolesterol 

Penelitian dalam Journal of Vascular Health and Risk Management menemukan manfaat daun Afrika terhadap pengurangan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah hingga 50 persen. Daun Afrika juga dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Peningkatkan kolesterol HDL adalah faktor risiko terbesar dari serangan jantung, stroke, dan penyakit Alzheimer. Sementara itu, kadar kolesterol baik HDL justru membantu memelihara kesehatan jantung dan fungsi tubuh lainnya. Meski begitu, temuan studi tersebut masih sebatas hasil percobaan pada tikus laboratorium.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Ekstrak daun afrika terbukti dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Misalnya kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker darah. 

Tak hanya itu, daun afrika juga disebut dapat meningkatkan efektivitas kemoterapi dalam pengobatan kanker. Dalam sebuah studi milik Jackson State University, daun Afrika bisa menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Dalam penelitian lainnya, ekstrak daun tersebut dapat membunuh sel kanker di daerah hidung dan tenggorokan. 

Baca juga: Ini 5 Manfaat Daun Kelor untuk Perawatan Wajah

3. Mencegah penyakit jantung

Daun Afrika mengandung linolenic acid (omega 3) dan linoleic acid (omega 6) yang sangat penting bagi tubuh. Berdasarkan studi dari American Journal of Clinical Nutrition, asupan omega-3 dan omega-6 secukupnya dapat menurunkan risiko terhadap penyakit kardiovaskuler.

Sebuah studi pada 2009 yang dimuat dalam jurnal Current Pharmaceutical Design melaporkan, kedua asam lemak ini telah terbukti melindungi dari penyakit jantung koroner, henti jantung mendadak, gagal jantung, gangguan pembekuan darah, mengurangi risiko aterosklerosis, dan bersifat antiperadangan (untuk melawan cedera, iritasi atau infeksi). Selain itu, asam lemak omega 3 mampu mengendalikan rematik dan memberikan perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif.

4. Mengobati penyakit malaria

Daun Afrika di benua asalnya telah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional untuk pengobatan malaria. Beberapa studi pun telah menunjukkan, ekstrak daun Afrika memang dapat membasmi parasit Plasmodium penyebab malaria. 

Selain itu, dalam sebuah percobaan klinis di Afrika, sari daun Afrika segar terbukti 67 persen efektif meredakan demam dan malaria ringan. Namun, penggunaan daun ini tetap memerlukan perawatan dokter. 

5. Menurunkan gula darah

Daun Afrika disebut bermanfaat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Pasalnya, ekstrak daun Afrika mengandung zat aktif seperti saponin, tanin, flavonoid, alkaloid, dan polifenol yang berguna untuk menurunkan glukosa darah setelah makan. 

Ekstrak ethanol yang ada dalam daun ini juga dapat mengurangi kadar gula darah secara keseluruhan. Tanaman herbal ini juga dapat memelihara fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin dan menjaga efektivitas kinerja hormon. Efek tersebut menjadikan daun Afrika baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan penyakit diabetes tipe 2. 



(CIA)

Berita Lainnya