Pemprov Sulsel Rehab Irigasi Leworeng untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Pengerjaan saluran irigasi Leworeng di Kabupaten Soppeng, Sulsel tahun 2022. Foto: Antara/HO-Humas Pemprov Sulsel Pengerjaan saluran irigasi Leworeng di Kabupaten Soppeng, Sulsel tahun 2022. Foto: Antara/HO-Humas Pemprov Sulsel

Makassar: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) merehabilitasi saluran irigasi Leworeng di Kabupaten Soppeng. Proyek ini untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Tujuan dari pengerjaan ini, yaitu memperbaiki atau mengembalikan dan mengoptimalkan fungsi saluran irigasi sehingga dapat meningkatkan hasil produksi tanam petani,” kata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, dilansir dari Antara, Minggu, 5 Juni 2022.

Andi mengatakan, luas fungsional irigasi Leworeng mencapai 2.187 hektare. Dengan pengerjaan ini, maka akan mengoptimalkan penyaluran seluas 420 hektare.

Baca: 1 Jenazah KM Ladang Pertiwi Teridentifikasi, Korban Perempuan

“Kita berharap, dengan rehab di Leworeng ini maka akan menormalkan kembali fungsi aliran air dari Bendung Leworeng ke lahan pertanian masyarakat,” tutur dia.

Dia berharap, rehabilitasi ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Terlebih, Sulawesi Selatan sebagai daerah yang memiliki potensi kekayaan alam dan dikenal sebagai daerah penopang pangan nasional.



(UWA)

Berita Lainnya