Pemprov Sulsel Segara Lakukan Vaksinasi Tahap Ketiga untuk Nakes

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di Makassar, Sulawesi Selatan. Istimewa. Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di Makassar, Sulawesi Selatan. Istimewa.

Apakareba: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) siap melakukan vaksinasi booster atau vaksinasi covid-19 tahap ketiga untuk tenaga medis. Saat ini, sebanyak 3.370 vial vaksin Moderna telah diterima Pemprov Sulsel.

"Iya sudah ada beberapa hari lalu. Sudah ada di gudang penyimpanan Dinkes," kata Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, di Makassar, Senin, 2 Agustus 2021.
 
Sebenarnya secara bertahap, lanjut Andi vaksinasi booster untuk tenaga kesehatan sudah dimulai sejak 31 Juli 2021. Namun, untuk pelaksanaan di daerah akan dilakukan di tiap rumah sakit.
 
Dilansir dari Medcom.id, Andi menyebut, vaksinasi booster untuk tahap awal dilakukan di beberapa rumah sakit rujukan untuk pasien covid-19  seperti RSKD Makassar, RS Labuang Baji, RS Haji Makassar, dan RS Wahidin Sudirohusodo.
 
"Secara bertahap dilakukan juga di beberapa kabupaten kota yang membutuhkan, serta rumah sakit unggulan di daerah," tuturnya.

Baca juga:  Kemenkes: 20,6 Juta Warga Indonesia Sudah Dapatkan Dosis Vaksinasi Lengkap

Dia menegaskan, vaksinasi booster untuk tenaga kesehatan akan dipercepat sebab mereka merupakan kelompok yang berada pada garda terdepan penanganan covid-19. Selanjutnya, diberikan ke satuan tugas dan kelompok lainnya.
 
"Intinya vaksinasi jenis Moderna ini kita akan berikan dulu ke kelompok prioritas. Sementara untuk kelompok masyarakat kita akan lihat bagaimana stok vaksin nantinya, yang jelas menyasar tenaga kesehatan dulu," tegasnya.
 
Vaksinasi Moderna bagi tenaga kesehatan ini diprioritaskan untuk beberapa rumah sakit yang sifatnya menangani ICU, menangani isolasi yang berat, tindakan darurat lainnya untuk pasien positif covid-19 untuk menekan laju angka kematian di rumah sakit.

 



(NAI)

Berita Lainnya