Seleksi Atlet Sulsel untuk Popnas 2023 Dimulai

Para atlet kempo dari berbagai daerah berkumpul pada akanh Rektor Unhas Cup (RUC) 2022. ANTARA/HO Para atlet kempo dari berbagai daerah berkumpul pada akanh Rektor Unhas Cup (RUC) 2022. ANTARA/HO

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan dan Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Sulawesi Selatan menggelar seleksi atlet untuk Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023. Seleksi tersebut dilaksanakan melalui Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Pelajar 2022 di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Hasanuddin, Makassar.

Kejuaraan tersebut berlangsung sepanjang 18-20 November 2022. Sekretaris Perkemi Sulsel Bonay Syam mengatakan tiga kategori yang dipertandingkan ialah level SD, SMP, dan SMA

“Para peserta dari dojo-dojo yang tersebar di Sulsel ini akan memperebutkan kuota mewakili Sulsel di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023 di Palembang, Sumatra Selatan, ungkap Bonay, dilansir dari Antara, Kamis, 10 November 2022. 

Nantinya, para atlet dari tiga kategori bertarung di 18 nomor pertandingan. Di antaranya Embu Tandoku Putra Kyu, Putri Kyu, embu berpasangan hingga nomor randori atau pertarungan.

“Sebanyak 200 atlet direncanakan tampil bersaing menjadi yang terbaik sekaligus menjadi wakil Sulsel di ajang nasional ke depan,” tutur Bonay.

Kejurprov pelajar 2022 juga diharapkan dapat menjadi ajang bagi atlet untuk mengasah kemampuan serta mempersiapkan diri secara berkesinambungan untuk menghadapi kejuaraan tingkat nasional. 

Selain kempo, ada empat cabang olahraga yang juga memastikan lolos setelah berlaga di Pra-Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Wilayah IV, Samarinda Kalimantan Timur, 9-16 September 2022.Di antaranya adalah pencak silat, sepak takraw, bola basket dan tinju.

Untuk cabang pencak silat ada lima atlet yang berhasil lolos masing-masing Muh Rhasya (kelas A putra) Muh Ilham Setiawan (kelas C putra), Abdulloh Al-Qowi (kelas D putra), Muh Fajar Resky (Kelas H Putra) dan Putri Andini di kelas A putri.

Baca Juga: Cetak Hasil Gemilang di Pra Popnas, 4 Petinju Sulsel Dipastikan Lolos  ke  Popnas 2023



(SUR)

Berita Lainnya