Minum Air Setelah Makan, Pentingkah?

Ilustrasi minum air. Dok : Freepik. Ilustrasi minum air. Dok : Freepik.

Apakareba: Pernahkah kamu bertanya seberapa penting minum air setelah makan bermanfaat bagi kesehatan? Kamu pasti merasa tidak lengkap kalau sehabis makan tidak minum air. 

Melansir hellosehat.com, minum air setelah makan penting untuk melancarkan sistem kerja pencernaan. Makanan yang sebelumnya masuk di tubuhmu dapat tercerna dengan baik. 

Cairan yang masuk setelah makan ini bisa membantu memecah dan melembutkan makanan. Tubuh kamu bisa menyerap nutrisi dengan lebih baik. Selain itu, minum air setelah makan juga bisa melembutkan feses. Sehingga, bisa membantu kamu mencegah sembelit. 

Baca juga: Yuk, Sehatkan Keuangan Kita Setelah Lebaran dengan Cara Ini

Mengonsumsi air saat atau setelah makan juga dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Perut kamu bakal terasa lebih kenyang dan mencegah hasrat mengunyah lebih banyak makanan. 

Meski begitu, ada sejumlah hal yang harus dihindari. Kamu harus menghindari minum air sehabis makan makanan pedas. 

Soalnya, makanan pedas yang mengandung cabai, lada, paprika, atau merica mengandung senyawa khusus yang disebut capsaicin. Senyawa ini menghasilkan sensasi terbakar setelah terpapar jaringan di dalam tubuh manusia.

Saat kamu makan makanan pedas, reseptor rasa sakit di lidahmu bisa memicu tubuh untuk mengikat molekul capsaicin. Ini pun akan disampaikan ke otak bahwa kamu telah memakan sesuatu yang mengandung racun dan berbahaya bagi tubuh. 

Baca juga: Sering Bertengkar Dengan Pasangan, Wajar Enggak Sih?

Sinyal nyeri atau kepedasan ini akan menjadi lebih parah dirasakan, tergantung pada jumlah capsaicin yang ditemukan dalam makananmu. Kamu pun bisa merasakan mata mu seolah menangis mengeluarkan air, hidung menjadi ingusan, dan tubuh berkeringat. 

Capsaicin memiliki molekul non-polar dan hanya bisa larut dengan molekul serupa lainnya. Karena air memiliki molekul polar, air pun tidak memiliki efek pendingin untuk tubuh yang sedang merasakan kepedasan.

Anda sebaiknya minum susu atau minuman yang rasanya asam, seperti jus jeruk atau perasan air lemon. Susu dan minuman yang asam lebih baik untuk melunturkan rasa pedas yang tersisa di mulut.



(CIA)

Berita Lainnya