Warga Rantepao: Orang Toraja Sangat Merindukan Nurdin Abdullah

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin  Abdullah. MI/Lina Herlina Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. MI/Lina Herlina

Apakareba: Ramly Djamal, salah seorang warga yang bermukim di kawasan Lapangan Bakti Toraja Utara, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, menyatakan sangat merindukan sosok Gubernur nonaktif Sulsel Nurdin Abdullah (NA). Menurutnya, beberapa program pembangunan yang digagas NA di wilayahnya disebut bisa meningkatkan perekonmian warga, bahkan membuka akses ekonomi di kabupaten lain.

"Orang Toraja sangat merindukan bapak prof (NA). Kami mengharapkan kasus yang menyeratnya cepat selesai dan kami selalu mendoakan untuk keselamatannya," kata Ramly, seperti dilansir dari Antara.

Berkat NA, kini warga di wilayah Rantepao Kota mulai menikmati pedestrian yang disiapkan khusus bagi pejalan kaki di sana. Pedestrian yang mempercantik wilayah tersebut pun disebut membuat masyarakat sangat bersemangat meski dalam kondisi pandemi covid-19. Sebab, fasilitas umum sarana pejalan kaki sudah bisa dinikmati, baik warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Rantepao.

Baca juga: Komplotan Perampok dan Pemerkosa Mahasiswi di Makassar Ditangkap

Kondisi pedestrian di Rantepao kini tampak bersih dan rapih. Di sana, kalian bisa melihat bola-bola beton terpasang di pinggir jalur trotoar. 

"Sebelum menjadi gubernur, dia (NA) telah menjanjikan jalur pedestrian khusus di Toraja Utara dan alhamdulillah semua terlaksana 100 persen," ujarnya.

Total, terdapat delapan ruas jalan di Rantepao yang dibangun dan sedang tahap perampungan. Pembangunan tersebut dibangun sejak era awal kepemimpinan NA. 

Warga lainnya, Maop, yang bermukim di kawasan jalur pedestrian Jalan Sam Ratulangi-Monginsidi juga merasakan hal yang sama dengan Ramly. Ia menyambut baik perubahan yang terjadi di Rantepao, Toraja Utara. Dengan adanya pedestrian, warga mulai paham aturan dan menghargai pejalan kaki. Tak hanya itu, kota tersebut juga tampak lebih cantik dan rapih.

Baca juga: Kebakaran Hutan Disebut Rawan Terjadi di Tana Toraja dan Gowa

"Waduh luar biasa, kami sangat senang dengan keadaan ini. Kami orang tua sudah bisa berjalan keliling. Kota juga semakin cantik dengan hadirnya pedestrian ini. Ini adalah pembangunan Pemprov Sulsel dipimpin Nurdin Abdullah. Luar biasa, kami selalu mendoakan untuk beliau. Tuhan itu adil," ucap Maop.

Tak terbatas di Jalan Ratulangi-Monginsidi, pedestrian juga bisa ditemukan di Jalan Merdeka, Jalan Mangandil, Jalan Landorundun, Jalan Niaga, Jalan Andi Mappanyukki, dan Jalan Provinsi Bantaran Sungai.
 



(SYI)

Berita Lainnya