Susah Kurus? Simak 5 Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan

Ilsutrasi diet. Foto: Pixabay Ilsutrasi diet. Foto: Pixabay

Apakareba: Memiliki berat badan ideal menjadi impian setiap orang. Sayangnya, menurunkan berat badan bagi sebagian orang sangat sulit dilakukan meski sudah melakukan berbagai upaya. 

Diet ketat dan olahraga teratur yang telah dijalankan tak terlalu membuahkan hasil. Lantas apa saja sih penyebab utama kamu gagal menurunkan berat badan? Simak penyebab di bawah ini dikutip dari berbagai sumber.

1. Terlalu banyak mengonsumsi gula

Salah satu penyebab gagalnya diet kamu karena terlalu banyak mengonsumsi makanan kemasan yang memiliki kandungan gula tinggi. Kamu bisa menghindari makanan tinggi gula dengan membaca label fakta nutrisi yang tertera di kemasan. 

Kamu perlu membatasi asupan gula tidak lebih dari 10 gram dalam kemasan tersebut. Kalau iya, lebih baik tidak membeli makanan kemasan. 

2. Diet terlalu ketat dan singkat

Kebanyakan diet gagal karena orang mencoba mengikuti diet yang terlalu ketat, tidak seimbang, atau terlalu cepat menurunkan berat badan. Diet macam ini cuma bikin berat badan kamu bertahan sebentar atau disebut diet yoyo. 

Berat badan kamu akan kembali naik kalau diet ketat itu tidak konsisten dilakukan. Sebaiknya mengatur pola diet menyesuaikan dengan kemampuan diri sendiri. Kamu juga harus disiplin terhadap rencana diet yang kamu lakukan. 

Baca juga: Ingin Badan Tetap Bugar selama Berpuasa? Yuk, Lakukan 5 Olahraga Ini

3. Kurang minum air

Ini merupakan penyebab gagal diet yang paling mudah diatasi. Air penting untuk membakar kalori. Kalau kamu dehidrasi maka metabolisme tubuh akan melambat, sehingga penurunan berat badan juga ikut lambat. 

Cobalah minum satu gelas air sebelum makan berat atau camilan, ini pun efektif menurunkan berat badan. Sebab, badan akan menerima asupan air terlebih dahulu yang membuat kamu akan cepat merasa kenyang. 

4. Kurang tidur

Waktu tidur yang kurang juga bisa menjadi penyebab gagal diet. Selama tidur, tubuhmu akan memproduksi hormon yang disebut melatonin.

Hormon melatonin berguna untuk meningkatkan laju metabolisme serta lemak tertentu yang dapat membakar energi. Melatonin tidak bisa berfungsi secara optimal jika waktu tidurmu kurang. 

Laju metabolisme akhirnya menurun drastis, begitu pula dengan jumlah kalori yang dibakar. Dampaknya, sulit bagi Anda untuk menurunkan berat badan.

5. Salah memilih olahraga yang tepat

Salah memilih jenis olahraga juga menjadi penyebab diet gagal. Setiap olahraga memiliki kegunaan yang berbeda. Sekalipun dapat membakar kalori, rutinitas olahraga yang salah tentu tidak akan membawa hasil yang optimal.

kamu bisa mengatasi hal ini dengan menerapkan high intensity interval training (HIIT). Caranya, lakukan olahraga kardio, seperti berlari dan lompat tali dalam waktu singkat, yakni sekitar 10 detik hingga 5 menit sesuai jenis olahraga.

Lakukan olahraga tersebut sekuat yang kamu bisa, lalu selingi dengan istirahat. Durasi istirahat tergantung pada durasi olahraga yang kamu lakukan. Jika sebelumnya kamu berlari sprint selama 20 detik, selingi dengan istirahat selama 10 detik.

Baca juga: Susah Diet? Ini 8 Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Setelah mengetahui penyebab yang tanpa disadari membuat dietmu gagal, sekarang kamu bisa lebih cermat menjalankannya. Memang tidak mudah menurunkan berat badan, tapi kamu perlu konsistensi dan memahami metabolisme tubuhmu sendiri. 

Seimbangkan jumlah kalori yang masuk tubuh dengna yang keluar. Setiap makanan yang masuk perlu diimbangi dengan olahraga yang membakar kalori. Lengkapi dengan tidur yang cukup, minum air putih yang cukup, sehingga diet kamu bakal sukses.



(CIA)

Berita Lainnya