Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan Pendaki Hilang di Gunung Abbo

Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi pendaki Gunung Abbo, Bau Arifah, yang sempat dinyatakan hilang sejak Minggu, 6 Juni 2021. Foto:Antara Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi pendaki Gunung Abbo, Bau Arifah, yang sempat dinyatakan hilang sejak Minggu, 6 Juni 2021. Foto:Antara

Apakareba: Tim pencari dan penolong (SAR) gabungan mengevakuasi pendaki asal Makassar, Bau Arifah, 25, yang dinyatakan hilang sejak Minggu, 6 Juni 2021, di Gunung Abbo, Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Bau Arifah alias Eva ditemukan dalam kondisi sangat lemas.

"Keberhasilan dari teman-teman SAR ini berkat kegigihan mereka yang terus mencari dan mengupayakan agar saudari Eva bisa ditemukan," ucap Kapolres Maros AKBP Musa Tampunolon , Kamis, 10 Juni 2021, melansir Antara.

Musa menjelaskan, kejadian itu berawal saat korban bersama sembilan orang rekannya mendaki Gunung Abbo, Bantimurung sejak Sabtu, 5 Juni 2021. Pendakian yang dilakukan oleh 10 orang terdiri dari tujuh orang laki-laki dan tiga perempuan itu tanpa adanya pemberitahuan kepada Polsek Bantimurung, pemerintah setempat, perangkat desa maupun warga sekitar.

"Mereka ini mendaki sejak hari Sabtu dan itu tanpa pemberitahuan. Kejadian hilangnya satu orang rekan mereka, baru diketahui keesokan harinya," ungkap dia.

Baca juga: Kebakaran Hutan Disebut Rawan Terjadi di Tana Toraja dan Gowa

Saat kabar hilangnya pendaki itu, semua regu SAR langsung bahu membahu mencarinya, baik SAR POlres Maros, Basarnas, PMI, beserta tim sukarela lainnya.

Berdasarkan informasi yang diterima dari anggota di lapangan, Eva bersama dengan kesembilan temannya berada di Gunung Abbo untuk membahas organisasi yang akan mereka bentuk. Sebelum sampai puncak, mereka mendirikan tenda.

Namun setelah mendirikan tenda, korban kemudian meminta izin untuk buang air kecil di balik batu perbukitan yang jaraknya tidak jauh dari lokasi perkemahan atau sekitar 20 meter. Setelah lima menit sejak izin, korban tidak kembali ke tendanya dan rekan lain mulai mencarinya.

Musa menuturkan, pencarian selama beberapa jam tidak membuahkan hasil. Ketiga orang rekannya turun gunung mencari pertolongan dan sisanya melanjutkan pencarian.

"Karena tak kunjung ditemukan, beberapa temannya turun gunung untuk meminta bantuan dan melaporkannya ke Polsek Bantimurung," tutur dia.

Baca juga: Komplotan Perampok dan Pemerkosa Mahasiswi di Makassar Ditangkap

Musa melanjutkan, hari pertama pencarian oleh Tim SAR gabungan hanya menemukan sandal korban, selanjutnya tidak ada tanda-tanda keberadaan korban.

"Memasuki hari keempat pencarian, tim berhasil menemukan jaket diduga milik saudari Eva di lokasi terakhir hilangnya Eva yang berjarak sekitar radius 200 meter arah timur dari lokasi camp dan sebelumnya ditemukan sendal korban juga," kata Musa.

Tim pun melakukan pencarian disekitar lokasi temuan jaket milik Eva. Akhirnya, tim berhasil menemukan korban dalam keadaan selamat namun kondisi memprihatinkan.

Musa mengatakan korban ditemukan sedang bersandar di pohon dengan kondisi lemas, dehidrasi dan terdapat luka pada kepala. Korban kemudian dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. 



(CIA)

Berita Lainnya